Arsip Tag: kuliner

Ini 10 Makanan Paling Menjijikan di Dunia

Bicara Kuliner tidak akan pernah habisnya , semakin banyak saja kreator masakan dari berbagai negara di dunia menggunakan bahan yang tidak lazim , jorok dan menjijikan. Kamu ingin tahu makanan menjijikan saat ini sehingga akan membuat kamu muntah melihatnya ? baca dulu yang ini ya : Makanan paling berbahaya

Siapin ember , siapin lap dan air biar kamu tidak harus bolak-balik ke WC,,,

  1. BALUT

gambar balut

Kamu hanya akan menemukan makanan aneh ini di Filipina , makanan ini terbuat dari embrio telur ayam atau bebek yang usianya 17 hari . Setelah ditambahkan bumbu kemudian diseruput ,,, kebayang kan bagaimana gelinya ?

2. Sperma COD

gambar sperma ikan cod

nempe digusi ,,ih

Datanglah sesekali ke Jepang untuk menyantap makanan ini , diambil dari sperma ikan COD dan disantap langsung ataupun ditambahkan bumbu terlebih dahulu,,,ngeri ya,,

3. Burger Cindil

cindil china gambar

kayaknya kenyal ya,,

Kalau Cendol hanya bisa didapatkan di Indonesia tapi kalau Cindil kamu harus datang ke negeri Tirai Bambu ( China ). Cindil merupakan makanan khas terbuat dari anak tikus dipercaya sebagai obat asma,,,, mau mencobanya ?

4. Hakarl

gambar hakarl islandia

Namanya memang asing tapi dapat ditemukan di Islandia , makanan ini terbuat dari daging ikan hiu yang telah difermentasi 5-6 bulan lamanya. . Gimana kalau banyak belatungnya ya ,, ih

5. Otak Kera

gambar otak kera

Kamu datang saja ke China kalau ingin mencobanya , monyet yang masih hidup kemudian otaknya diambil dan dimakan mentah-mentah ,, katanya sih enak tapi ??? jijik ah

6. Sannakji

gambar sannakji

Ingin mencicipi gurita hidup yang dipotong-potong bahkan tentakelnya masih bergerak ,,, datang saja ke Korea , siapin uang banyak karena harganya mahal… hiii

7. Ulat Mapone

gambar ulat mapone

pecah di mulut,,

Ingin tahu rasanya ? datang saja ke Bostwana yang berada di Afrika Selatan , bagi mereka makanan dari ulat Mapone ini sudah bukan hal yang asing ,, ulat tersebut direbus dan disantap bersama dengan bumbu alakadarnya…

8. Rocky Mountain Oysters

gambar testis

Ingin makan testis kerbau atau sapi ? datang saja ke Kanada atau Amerika . Dijamin kamu muntah ,,,Kebayang kalau testis kamu ya ,,hahah

9. Black Puding

gambar black pudding

Kalau sosis kita mah warnanya agak merah jambu , beda dengan Black Puding karena sosis ini berbahan dasar darah binatang terutama sapi dan babi. Kamu kalau mau datang ke Inggris atau negara Eropa lainnya…

10. Dinuguan

gambar dinuguan

Merupakan makanan berbahan dasar daging dan darah babi kemudian direbus dengan bumbu lainnya ,,, kalau di Indonesia seperti dibikin gulai gitu,,, kamu bakalan UO deh,,,

Itulah 10 Makanan Paling Menjijikan di Dunia yang wajib kamu ketahui dan tidak disarankan untuk mencobanya…

5 Makanan Paling Enak tapi Berbahaya di Dunia

Ada banyak hal yang bisa kita eksplore informasi dari lokal maupun dunia terutama masalah kuliner yang merupakan pioner gaya hidup masa kini . Salah satu bagian kuliner adalah makanan , orang yang mencicipinya sudah jelas ingin makan makanan enak.

Makanan enak di Indonesia sendiri sudah banyak salah satunya adalah Rendang yang dikategorikan sebagai terenak di dunia saat ini. Namun selain rasanya yang lezat , di beberapa negara justru ada yang enak tapi berbahaya jika dikonsumsi.

5 Makanan Paling Enak tapi Berbahaya di Dunia

1. Naga Bhut Jolokia sebagai cabai terpedas di dunia

gambar cabe pedas

Naga Bhut Jolokia atau The Ghost Pepper atau cabai hantu merupakan salah satu cabai paling pedas di dunia. Pada tahun 1912 , apoteker terkenal di Amerika Serikat bernama Wilbur Lincoln Scoville mengembangkan sebuah alat skala scoville untuk mengukur tingkat kepedasan sebuah cabai-cabaian di dunia, dalam penelitian itu ditemukan bahwa Naga Bhut Jolokia memiliki tingkat kepedasan tertinggi yaitu skala 10 . Cabai ini hanya ditemukan di timur laut India dan Bangladesh.

Kalau kamu makan ,,, air kolam bisa habis buat cebok,,wkwkwk

2. Ikan Fugu di Jepang konon paling beracun di dunia

gambar ikan fugu jepang

Indonesia sebagai negara maritim yang sangat kaya akan hasil laut mampu terkalahkan dengan Jepang dalam jumlah indeks konsumsi setiap tahunnya , secara kasat mata kita dapat menemukan apa saja bahkan ikan selar dan mujair dapat terlihat dikolam-kolam warga ataupun di sungai. Namun di negara Jepang kita tidak akan menemukan ikan Fugu karena sejak 1984 ikan ini tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat Jepang bahkan negara-negara di Eropa melarang keras mengonsumsi ikan ini. Walaupun rasanya enak namun faktanya ikan Fugu mempunyai racun yang sangat berbahaya terutama pada bagian hatinya. Mengonsumsi ikan fugu sama saja anda mendaftarkan diri sebagai calon berikutnya untuk meninggal. Ikan Fugu atau ikan gelembung akan menggelembungkan dirinya seperti balon  ketika dalam kondisi darurat musuh , berani mencobanya ?

Namun lebih kejam racun Cinta daripada ini ,,hihi

3. Pizza termahal di dunia , menghabiskan seluruh isi dompet anda

gambar pizza mahal

Pizza masuk dalam daftar makanan enak di dunia , di Indonesia sendiri menu masakan yang berasal dari Italia ini bisa dibanderol dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah dan banyak digandrungi oleh kalangan menengah ke atas. Tapi apakah anda tahu dengan Pizza Louis XIII ? konon pizza ini membutuhkan waktu tiga hari untuk membuatnya dan menggunakan lobster sebagai bahan dasarnya. Setelah pembuatannya selesai , chef Renato menjual pizza ini dengan banderol $12.000 atau setara Rp.144.000.000 dan masuk dalam pizza termahal di dunia.

Daripada beli mahal mendingan buat beli tanah terus nanam padi…. masa depan banget bahasannya,,,

4. Burger paling awet di dunia

burger terawet

Salah satu penggemar burger bernama David Whipple tanpa sengaja menyimpan burger yang dibelinya pada 7 Juli 1998 dan dibuka pada tahun 2013 membuat dunia kuliner bergetar karena burger yang dipendamnya itu masih dalam kondisi utuh. Padahal makanan yang berbahan dasar tepung tidak akan bisa bertahan lama , dalam kurun seminggu saja sudah muncul bercak hitam dan berjamur, nyatanya tidak berlaku bagi burger ini . Burger ini ditemukan dalam kondisi utuh dan tidak tercium aroma busuk , banyak orang bertanya dengan hal ini seberapa awet dan jenis pengawet apa yang digunakan dalam makanan yang telah terkurung 14 tahun tersebut.

Sampai kapan cinta kita akan Awet ,,,lol

5. Durian paling bau di dunia

gambar durian montong

Durian bagi lidah Indonesia merupakan buah yang sangat diidamkan karena rasanya yang lezat dan wanginya semerbak seperti aroma bunga mawar , namun karena dilihat dari kebiasaan nyatanya buah durian bagi orang eropa menjadi momok yang harus dihindari karena aromanya tidak enak bahkan bisa menyebabkan tidak enak badan . Setuju dengan durian yang katanya paling bahaya ?

Nyatanya banyak yang suka ya ,,,apalgi durian montong,,,beuhhh !!

10 Makanan enak terfavorit di Indonesia (bagian dua)

Pada edisi makanan enak bagian satu telah saya ulas yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam gaya hidup terutama dunia #kuliner , pasalnya rata-rata orang Indonesia sangat kental dengan kulinernya seperti rendang yang masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia.

10 Makanan enak terfavorit di Indonesia (bagian dua)

6. Soto
soto ayam enak
geli liatnya juga
Saat ini soto yang paling terkenal dan digemari oleh Indonesia adalah soto betawi , soto Madura dan soto Malang . Kesemua varian soto yang ada di Indonesia memiliki rasa yang khas dari masing-masing daerah , apalagi bagi orang Sumatera yang terkenal dengan kesukaannya makanan pedas, Sunda dengan manisnya dan lain sebagainya.
Semangkuk soto rata-rata dibanderol dengan harga 15 ribu saja sudah termasuk nasi dan kerupuknya. Soto sangat cocok disantap saat musim dingin di malam hari dengan paduan nasi putih hangat , kerupuk dan kuah santan dengan irisan daging ayam , sapi , sambal dan bawang goreng sebagai topingnya. Semangkuk soto dapat dinikmati hanya untuk satu orang saja , namun banyak juga yang harus menambah porsi bagi yang sedang lapar dan ketagihan dengan keenakannya.
7. Nasi goreng
makanan enak nasi goreng
Pada umumnya nasi goreng banyak dijual dimalam hari terutama di kawasan pasar dan industri hampir dapat kita jumpai setiap hari. Nasi goreng memang tampak sederhana bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah namun keterbatasan waktu menjadi alasan kenapa banyak masyarakat ingin menikmatinya hanya dengan membeli dikedai ataupun tukang dagang nasi goreng.
Saat ini memang banyak sekali varian rasa yang beredar, ada nasi goreng spesial dan dewasa dengan harga yang bervariatif. Sepiring nasi goreng biasa bisa dibanderol 13 ribu saja sedangkan nasi goreng spesial bisa Rp.20.000 tergantung komposisinya. Nasi goreng biasa hanya berupa nasi yang diberi bumbu khusus,kecap,lada,kerupuk,irisan tomat,mentimun dan telur mata sapi sedangkan nasi goreng spesial ada tambahan lebih berupa irisan daging ayam ataupun daging sapi dadu dengan bawang goreng sebagai penambah cita rasanya.
8. Bubur ayam
makanan bubur ayam enak
makanan enak bubur ayam
Siapa yang tidak kenal dengan makanan enak ini ? pastinya anda dapat menemukannya dimana-mana teruta dipagi hari . Ya , bubur ayam memang makanan yang sudah melegendan dan sudah bersahabat dengan lidah Indonesia. Proses pemasakannya dengan di godog hingga beras menjadi sedikit hancur . Saat ada pembeli , nasi hancur tersebut dituangkan diatas mangkuk kemudian ditambahkan irisan daging ayam,lada,kecap asin,bawang goreng dan potongan daging yang telah dijadikan bumbu beserta kaldunya kemudian ditambahkan kerupuk, sambal serta emping tangkil.
Semangkuk bubur ayam hanya dibanderol 7 ribu saja sedangkan 10 ribu untuk bubur ayam spesial dengan tambahan potongan ati ampela ayam. Menyantap bubur ayam tidak diperlukan banyak tenaga karena nasinya sudah sedikit hancur dan tekturnya lembut sehingga digemari oleh siapapun termasuk anak-anak.
9. Mie ayam
masakan enak mie ayam
daging cincangnya yang bikin baper
Sama halnya dengan bakso , mie ayam juga masuk jajaran makanan enak yang telah melegenda. Mie ayam merupakan makanan yang terdiri dari rebusan mie , sayuran yang kemudian ditambahkan bumbu terutama irisan jeroan ataupun daging ayam dan sapi yang telah dijadikan kaldu sebagai airnya. Diatasnya ditambahkan potongan pangsit lengkap dengan sambal dan sausnya, jika anda malas untuk membelinya maka dapat membuat sendiri dirumah namun dengan biaya yang lebih tinggi. Selain mie ayam, kita juga pernah mengenal mie rawon, mie ramen dan kwetiaw maka tak heran makanan berbahan mie selalu mendominasi jajanan masyarakat Indonesia. Pernahkah anda mencoba mencicipi ataupun membuatnya ?
10. Gorengan
makanan enak gorengan
gorengan juga makanan enak
Walaupun gorengan lebih spesifik sebagai cemilan namun karena saking populernya mereka menyebutnya sebagai makanan ringan. Harga ekonomis dan rasa lezat menjadikan gorengan sebagai makanan yang sudah go public. Di daerah anda mungkin sudah mengenal bala-bala, gehu , pisang,culen dan goreng tempe. Kesemua makanan tersebut sudah mendarah daging dilidah masyarakat kita apalagi jika dicicipi pada malam dan pagi hari serta dengan cabe dan saus sebagai pelengkapnya.
Bagaimana apakah anda tertarik mencicipinya atau punya jenis makanan lain yang lebih enak ? itulah 10 Makanan enak terfavorit di Indonesia (bagian dua) yang bisa 4remaja.com persembahkan untuk anda , selamat mencoba !

10 Makanan enak terfavorit di Indonesia ( bagian satu )

Jika kita berbicara makanan enak pastinya tidak akan pernah kehabisan ide untuk mencicipi bahkan belajar cara membuatnya , maklum bagi lidah orang Indonesia , mencicipi makanan tradisional maupun makanan modern yang enak akan selalu menjadi incaran utama meskipun harganya sangat mahal.

10 Makanan enak terfavorit di Indonesia

1. Bakso

makanan enak
bakso makanan enak favorit saat ini

Bakso menjadi makanan primadona masyarakat Indonesia sejak puluhan hingga ratusan tahun silam , pada awalnya masakan ini berasal dari negeri China dimana bahan pokoknya berasal dari daging babi . Karena mayoritas orang Indonesia beragama islam maka keberadaan makanan yang ada daging ataupun minyak babinya sangat dilarang oleh agama , akibatnya diadopsi oleh masyarakat menggunakan daging ayam ataupun sapi sebagai bahan utamanya .
Warung-warung bakso yang bertebaran di setiap sudut menjadi tanda bahwa bakso merupakan makanan yang sangat digemari oleh orang Indonesia . Saat ini sudah banyak kreasi bakso seperti bakso rudal , bakso madun , bakso astagfirullah , bakso malang , bakso madura , bakso urat , bakso setan dan aneka kreatif lainnya yang disesuaikan dengan rasa khas dan ukuran bakso itu sendiri.
2. Ketupat

makanan enak ketupat
ketupat masuk makanan enak juga

Makanaan enak di urutan kedua adalah ketupat . Pada umumnya ketupat bersifat musiman pada hari lebaran idul fitri ataupun idul adha saja . Namun sebenarnya tidak demikian , kita bisa melihat penjual ketupat dipasar-pasar bahkan biasanya ada kedai khusus yang menjual ketupat.
Harga ketupat memang relatif ekonomis , dalam persediaan uang 20 ribu saja anda sudah bisa mendapatkan dua sampai tiga porsi. Untuk saat ini setidaknya ada dua jenis ketupat yaitu ketupat sayur dan ketupat tahu . Jika dilihat dari proses pemasakannya , agar tercipta rasa yang kenyal dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.
Perbedaan antara ketupat sayur dan tahu terletak pada bumbu yang digunakannya , ketupat sayur hanya menambahkan bumbu kaldu , kerupuk , toge dan bawang goreng . Sedangkan ketupat tahu dengan bumbu kacang , toge , irisan tahu , daging ayam ,kerupuk dan bawang goreng sebagai topingnya.
3. Nasi liwet

makanan enak sunda

Nasi liwet diberitakan sebagai makanan khas sunda sejak puluhan tahun lalu karena para perantau dari sunda saat ke luar kota mengungkapkan bahwa nasi liwet hanya bisa ditemukan di Jawa Barat dan Banten saja . Faktanya , populasi terbesar di Indonesia berasal dari Jawa Barat yang kemudian disusul oleh Jakarta.
Saat anda wisata kuliner ke Cianjur misalnya , pasti anda akan menemukan kedai nasi liwet dipinggir jalan dengan harga yang beragam .Pada kedai-kedai sunda , nasi liwet disajikan diatas daun pisang dengan lalapan , ayam bakar , ikan teri , sambal dan jengkol sebagai pelengkapnya . Tak herang , warga Jakarta sangat ketagihan dengan makanan enak ini dan selalu merekomendasikan kepada traveler di seluruh Indonesia .
4. Nasi Bebek

makanan enak nasi bebek
mau makanan enak ini ? nasi bebek

Beda lagi cerita dengan masakan ini , nasi bebek terdiri dari nasi biasa yang ditaburi bumbu minyak atau gulai bebek dan daging bebek sebagai penambah cita rasa utama . Biasanya ditemukan di daerah pasar , karena bebek merupakan barang yang saat ini sudah mulai langka maka harga nasi bebek memang sangat mahal bisa sampai 30-40 ribu per porsinya namun jangan ditanya lagi dengan rasanya pasti anda akan ketagihan untuk mencicipinya. Anda belum pernah mencoba ? aduh sangat disayangkan yah ,,,he he
5. Masakan Padang

makanan enak nasi padang
makanan enak ini paling mudah ditemukan

Hampir setipa juru di Indonesia akan dengan mudah mendapatkan nasi padang , selain harganya yang ekonomis namun rasanya memang sangat enak terutama jika nasi yang dibalut dengan bumbu khas dan rendangnya yang nendang membuat lidah kita komat-kamit. Yang paling favorit dari nasi padang adalah sambal hijaunya yang khas bahkan ( mungkin ) anda adalah orang yang ingin lebih banyak sambalnya daripada bumbu lain kan ? saya juga begitu kok,,,he

Ikan paling enak di Indonesia versi diriku

Ikan air tawar ataupun ikan hias  memang mempunyai rasa yang khas masing-masing , ada yang hambar , ada yang pahit namun umumnya memiliki rasa yang gurih , itupun tergantung yang memasaknya apalagi kalau wanita cantik ,,, he he

Secara umum ikan berbau amis , dibalik baunya yang menyengat akan tetapi rasanya sangat enak sekali terutama ikan yang hidup di air tawar seperti mujair dan gurame .

  1. Ikan Wader

ikan wader atau beunteur

Ini nih salah satu ikan favorit saya , namanya adalah wader atau Beunteur untuk sebutan orang Sunda . Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan disemua aliran sungai terlebih sungainya yang mengalir deras dan sedikit keruh . Kebiasaan saya ketika musim kemarau , bersama tetangga akan langsung memburu ke sungai dengan cara di setrum ,, he he dengan demikian pendapatannya pun lumayan banyak .

Untuk masalah rasa nih ya , ikan wader paling enak di goreng hingga kering , sambal jahe dan nasi liwet akan membuatmu geleng-geleng kepala . Untuk satu lahap nasi cukup satu ekor ikan wader karena ukurannya yang mungil .

2. Lele

ikan lele

Walaupun usianya muda tapi sudah berkumis loh ,, iya tidak salah lagi kalau bulan Lele . Saat ini dikampung saya sudah banyak yang membudidaya ternak lele , ukuran satu kilo 8 atau tujuh sudah bisa langsung di jual ke rumah makan padang ataupun lesehan untuk dijadikan pecel . Coba saja anda lihat , hampir semua warung nasi akan menyajikan pecel ikan lele.

Walaupun kebanyak orang menyukai pecel lele , bagi diriku sendiri justru bertolak belakang karena lebih suka jika di goreng hingga krispi , sama halnya dengan ikan enak seperti wader , disantap dengan sambal jahe dan nasi hangat . Oalahhhh …

3. Mujair

gambar mujair

Walaupun kata orang ikan ini aslinya dari wilayah timur tengah namun dapat anda temukan dimana-mana , secara kasat mata memang ikan ini memiliki kepala yang besar , melotot , bibir cemberut dan sisik yang tebal . Tapi apalah daya jika digoreng hingga kering dan ditemani sambal serta nasi hangat akan membuat anda lebih ketagihan .

Ada banyak metode memasak ikan ini , ada yang digoreng secara langsung , dipais , di pesmol bahkan ada yang dibuat sup ikan , terserah anda mau pilih yang mana ,,, he he

4. Gurame

ikan gurame

Untuk budidaya gurame terbilang membutuhkan waktu yang lama untuk besar , di kolam saya juga gurame sudah lebih dari 10 tahun tapi baru berat sekitar 6 Kg saja . Daripada digoreng mending beli saja di luar yang sudah matang ,,, maklum kalau ikan sudah jinak dan gede biasanya kasihan kalau dimasak ,,he he

Untuk kategori yang simpel ,menikmati ikan gurame bakar menambah cita rasa yang khas , namun guramenya juga harus yang gede biar dagingnya lebih pungkil . Ada juga orang memilih di goreng dengan topingnya sambal terasi , jeruk nipis dan nasi hangat ,,, gubrag !!!!

5. Ikan mas

ikan mas

Ikan ini sangat rentan mati jika airnya keruh dan lambai ,,, dibalik itu masih menyimpan rasa yang tiada duanya , ikan mas terbilang ikan lemah karena sisiknya yang tipis dan tektur dagingnya tidak terlalu pungkil sehingga jika dimasak ada baiknya di goreng hingga kering .

Ada juga yang buatkan presto ikan mas namun ukurannya harus yang besar dan matang sampai tulang-tulangnya karena komposisi dagingnya diikan oleh tulang-tulang halus ,,, ( red )

 

Menu Sahur di awal puasa yang harus anda perhatikan

gambar puasa ramadhan

Alhamdulillah besok lusa telah ramai diperbincangkan sebagai awal puasa Ramadhan , sebelumnya bagi orang Sunda , kegiatan Papajar biasanya dilakukan sebelum puasa minimal satu atau dua minggu sebelum puasa .

Di daerah lain seperti Bandung dan Purwakarta , masyarakat menyambut bulan puasa dengan cara mengadakan festival yang dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh pelosok daerah , di Garut dapat kita saksikan festival obor dan iring-iringan bedug membanjiri pusat kota . Untuk daerah sekitarnya seperti Jawa , kemeriahan bulan puasa memang selalu ramai setiap tahunnya .

Puasa merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang telah mukallaf dan memenuhi syarat syahnya , salah satunya adalah menahan hawa nafsu dan tidak makan ataupun minum mulai dari imsyak hingga adzan magrib berkumandang . Salah satu yang umum diperbincangkan dalam puasa adalah menu sahur yang akan direncakan  Sebab tepat besok anda sudah tidak diizinkan menyantap makanan maupun minuman disiang hari ( kecuali wanita yang sedang ada halangan ) dan kebiasaan makan siang untuk sementara dialihkan ke waktu magrib .

Untuk awal puasa , ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan Menu Sahur supaya puasa anda tidak terkendala dan tidak terlalu ” menyiksa ” tubuh kita . Ada beberapa menu yang sebaiknya dimasukan dalam daftar makanan menu sahur anda , penasaran ? simak berikut ini :

  1. Minum air putih yang cukup

Dalam kondisi normal sehari-hari , kita harus memperbanyak minum air putih agar cairan tubuh kita tercukupi sehingga tubuh tetap segar dan bugar . Namun ketika puasa anda harus mengaturnya pas sahur , pastikan air yang anda minum mencukupi kebutuhan tubuh anda sehingga di siang harinya anda tidak keroncongan dan tidak terlalu haus . Maklum , ketika puasa kita suka terasa lapar , lemas , haus dan ingin cepat magrib ,,, hahha wajar !!!.

2. Konsumsi buah dan sayur

Dalam menu sahur jangan sampai terlupakan yah asupan ini , dengan mengonsumsi sayuran dan buah membantu tubuh kita tercukupi kandungan gizi apalagi buah-buahan seperti pisang dan apel mengandung banyak vitamin dan serat sehingga memperpanjang rasa lapar anda .

3. Minum susu

Jangan susu ibu atau istri anda yah ( beda kamar ) ,,, pastikan anda meminum segelas susu mineral supaya tubuh tidak terlalu ” korup ” . Dalam segelas susu terdapat banyak vitamin , mineral , zat besi dan protein guna menjaga tubuh anda tetap bugar sepanjang hari .

4. Jangan makan makanan berminyak

Bagi penderita maag hal ini akan memperburuk lambung anda dan akan terasa dipagi hingga siang hari , puasa merupakan metode penyembuhan secara alami yang efektif , maka dari itu aturlah pola makan anda agar puasa tidak menyiksa anda , pastika makanan berminyak anda kurangi kalau bisa dihilangkan .

Ide menu sahur

  1. Nasi goreng telor daging
gambar nasi goreng putih saat sahur

resepkoki.co

Supaya lebih praktis mendingan anda mencoba membuat nasi goreng , terserah mau nasi goreng jenis apa yang jelas didalamnya harus berisi sayuran dan daging cincang agar menambah cita rasa masakan.

2. Tumis buncis dan udang

tumis buncis menu sahur

Untuk lebih mempercantik kandungan protein dan serat , menu sahur anda harus disisipkan dengan ide tumis buncis dan udang . Pasti anda sudah terbiasa membuat tumis kan ? anda bisa menambahkan potongan udang ataupun potongan dadu daging sapi .

3. Sup Ayam

menu sahur sup ayam

Makan setelah bangun tidur memang bawaanya sangat malas apalagi kalau masakannya yang kering dan tidak menarik dimata , akhirnya memilih melanjutkan tidur lagi ,, hmmm ,, bagaimana kalau menu sahur anda memasak sup ayam ? tampaknya akan lebih memikat hati kita untuk makan bahkan untuk anak-anak sekalipun . Memang untuk sup ayam sebaiknya dijadikan menu andalan saat puasa karena semangkuk sup banyak gizinya seperti protein , vitamin ( dari daging dan sayur ) . Yang lebih menguntungkan adalah menambah komposisi air dalam tubuh kita sehingga saat puasa tidak dehidrasi . Bagaimana , apakah mau mencobanya dalam menu sahur anda hari ini ??

Ikan paling enak yang pernah aku makan saat ini

Bicara masalah masakan pasti saya akan cepat-cepat angkat tangan karena masakan ini selain kaya akan protein gizinya tetapi rasanya yang nendang di mulut . Ada banyak kreasi makanan dari ikan seperti digoreng , dibakar , dipindang ataupun dibikin balado .

Ikan yang bisa di kategorikan sebagai ikan paling enak yang pernah saya makan selama ini banyak berasal dari ikan sungai ataupun air tawar . Berikut ikan paling enak menurut pengalaman saya sendiri .

  1. Beunteur / wader/Paray

ikan paray beunteur

Ikan jenis ini banyak ditemukan di air tawar atau sungai dengan warnanya yang cantik dan ukurannya kecil namun siapa sangka untuk masalah rasanya sangat enak apalagi jika digoreng sampai kering dengan perpaduan sambal dan nasi hangat .

Untuk menikmati ikan ini memang sangat sulit mengingat ikan ini hanya banyak ditemukan di desa , kalau di kota mah jarang sehingga akan terkesan lebih asing . Selain itu , ikan jenis ini juga tergolong ikan yang suka diam di air deras sehingga sangat sulit untuk memancingnya .

2. Ikan nila / mujair

gambar ikan nila bakar

Hampir di setiap kolam pasti suka ada beberapa ekor , yang menjadikannya masuk daftar ikan paling enak karena tidak mengandung banyak tulang rusuk sehingga dagingnya sangat kenyal . Untuk memasaknya bisa dibakar , digoreng , dipepes ataupun di pindang . Beda halnya dengan ikan hias yang mahal , ikan mujair memang lebih ekonomis sedangkan rasanya sudah tidak bisa dianggap remeh .

3. Gurame

gambar ikan gurame bakar

Salah satu prilaku yang paling suka pada ikan gurame adalah sangat kalem namun jika sudah terancam akan lebih garang lagi . Ikan ini sama dengan mujair yakni tidak mengandung banyak tulang rusuk dan lebih cocok digoreng hingga kering . Untuk masalah rasa memang ikan gurame lebih unggul daripada ikan mujair . Pernah kamu mencicipi gurame bakar atau goreng ???

4. Lele

gambar pecel lele

Walaupun terlahir seperti bapak-bapak ( berkumis ) akan tetapi ikan ini lebih familiar dikedai-kedai makan seperti dibakar ataupun dibikin pecel . Untuk lebih menikmati disajikan dengan sambal dan nasi hangat .

5. Ikan asin

gambar ikan asin

vemale

Nah kalau yang ini pasti semua orang menyukainya karena dapat dengan mudah ditemukan di toko ataupun warung . Sebenarnya rasa asli ikan ini biasa seperti pada umumnya namun yang menjadikannya enak adalah dilakukan melalui proses penggaraman . Ukurannya memang kecil-kecil namun rasanya sungguh nikmat .

6. Lobster

gambar ikan lobster

Merupakan ibunya udang ( kan gede ukurannya ) , lobster memiliki ukuran yang besar ,warnanya kemerah-merahan dan harganya sangat mahal . Untuk menyantap binatang laut ini hanya disantap oleh orang-orang khusus karena mahal dan jarang ditemukan . Saya pernah mengonsumsi binatang ini dibikin pecel , dalam satu piring saya habiskan semuanya dan ternyata sangat ketagihan ingin mencicipinya . Bagian dagingnya merupakan bagian paling enak , disajikan dengan sambal pedas dan nasi hangat ditemani cincangan wortel dan mentimun sebagai topingnya . Penasaran ingin mencoba ? datangi saja restauran besar pasti ada ,,,, hehehe