Arsip Tag: Kesehatan

Tes Urine Yuk ? Apakah Air Kencing Kamu Sehat atau Tidak

Pengen tahu status kesehatan urine /air kencing dilihat dari warnanya ? yuk kenali dengan gambar dibawah ini :

air kencing sehat gambar

Iklan

Jangan sampai koleterol anda naik saat lebaran

makanan rendang

salah satu penyumbang kolesterol anda naik

Tinggal hitungan hari lagi umat islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri yang identik dengan makanan-makanan lezat dan baju yang baru . Saking bahagianya , hampir semua dapur akan penuh dengan makanan lezat seperti rendang , opor ayam dan sejenisnya .

Namun dari segi kesehatan , makanan berbahan dasar daging sejatinya akan menaikan kolesterol anda karena jumlah konsumsinya yang berlebih , maklum kalau hari raya kan terkesan ” dendam ” terhadap makanan . Dalam laman sindonews.com bersumber dari Dr.RSPAD Gatot Subroto Yenny Ch menyarankan agar kita tetap mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh karena berdampak pada kesehatan kita . Menghindari makan daging tinggi lemak , membatasi makanan bersantan , mengurangi mengonsumsi yang manis-manis dan mengonsumsi sayuran adalah cara yang tepat perlakuan dini untuk menjaga koleterol anda tetap normal .

Yuk hilangkan bau mulut saat kamu puasa

bau mulut puasa

Bau mulut saat kita puasa sudah bukan jadi alasan baru lagi , faktanya masih bisa kita hilangkan dengan teknik anti mainstream yang bisa kamu lakukan di rumah. Para ahli berpendapat , absen makan dan minum membuat produksi air liur yang bertugas sebagai cairan alami pembersih mulut berkurang , akibatnya bakteri anaerob dapat berkembang lebih cepat dalam mulut kita .

Pada intinya tidak ada cara yang susah untuk menghilangkan bau mulut saat kamu puasa , cukup memperbanyak makan buah-buahan dan menjaga kebersihan rongga mulut setelah menu sahur kamu nikmati menjadi faktor utama kesegaran nafas anda . ( sekian )

 

Kiat dapatkan tidur berkualitas oke

gambar tidur siang

Pada artikel sebelumnya telah saya ulas tidur nyenyak di siang dan malam hari , artikel ini merupakan lanjutannya , semoga memberikan manfaat bagi anda .

Para ahli mengatakan bahwa jika kita merasa kelelahan sepanjang hari bahkan ketika tubuh kita sedang tidak aktif itu menjadi pertanda bahwa anda kurang tidur . Mata menjadi sayup , loyo dan kurang bergairah disebabkan oleh tubuh kita kurang istirahat , belum lagi kita membiasakan tidur dimalam hari akibat deadline kerja atau insomnia .

Pada kesempatan kali ini izinkan saya mengulas Tips mendapatkan tidur yang berkualitas , artikel tips ini saya dapatkan dari majalan femina yang sejatinya bagi saya sangat bermanfaat untuk diri sendiri terlebih jika dishare di blog 4remaja ini ;

  • Pastikan anda tidur teratur di jam yang sama dan juga bangun pada jam yang sama pula
  • Jika anda membutuhkan tidur di siang hari , lakukan antara 30-60 menit saja itupun waktu maksimal , melebihi jam dapat membuat pekerjaan terbengkalai dan kita suka merasa pusing
  • Sebelum tidur cobalah menyisipkan waktu beberapa menit sebelum tidur seperti meditasi ataupun mendengarkan musik romantis ( tapi jangan lupa baca doa dulu yah ,,, )
  • Ciptakan suasana tempat tidur yang bersih , rapi ,wangi dan lampu temaram
  • Jika anda menderita sakit yang membuat tidur anda terganggu , segera konsultasikan kepada ahlinya
  • Mandi sebelum tidur meningkatkan kenyamanan
  • Aliran udara harus normal ( tidak panas , tidak berdebu dan tidak pula terlalu dingin )
  • Jauhkan dari handphone karena akan mengganggu kenyenyakan tidur anda ( bisa dilakukan dengan mematikan ataupun mode silent )

Itulah beberapa trik menciptakan tidur yang berkualitas khususnya di siang hari , selamat mencoba ,,,

 

( Baca ) Jangan lakukan hal ini setelah kamu makan

GAMBAR MAKAN

Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup , tanpa makan tentunya kita tidak akan bisa hidup karena asupan nutrisi dan energi bagi tubuh berasal dari makanan yang kita makan . Lantas kenapa saya ungkapkan jangan melakukan hal berikut setelah anda makan ? begini ceritanya , terkadang kita setiap hari tidak memiliki waktu luang setelah makan ataupun memang ada kudapan yang harus di garap setelah makan . Maklum kita sangat gerot ingin menyantap makanan , entah itu karena lagi enak-enaknya , baru siuman ataupun memang gerot makan .

Hal yang paling utama kita rasakan setelah makan adalah timbulnya rasa mengantuk yah ? hampir semua orang merasakan hal ini , maklum makannya dengan semur jengkol plus sambal pedas . Tapi ada hal lain pula yang tidak boleh dilakukan setelah makan seperti olahraga , minum teh , tidur ,merokok dan mandi .

Kenapa hal tersebut dilarang , tujuan utamanya adalah kesehatan ,karena kesehatan merupakan modal utama kita dalam hal apapun .

Jangan mandi – Saat kita mandi secara otomatis suhu tubuh akan meningkat sehingga tubuh ita harus menyuplai darah ke kulit , akibatnya akan menghambat proses pencernaan dan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh  . Sebaiknya kita mandi setelah 30 menit ke depan , memang benar dengan hal ini , orang tua kita suka mengingatkan jangan langsung mandi setelah makan , bahkan menyarankan lebih baik mandi dulu sebelum makan , selain dari sisi kenyamanan hal tersebut juga berdampak pada kesehatan kita ..

Minum teh – Memang menjadi hal yang sangat dibiasakan oleh sebagin besar masyarakat kita ,rasanya yang menyegarkan dan menghangatkan tubuh sejatinya sangat bagus untuk kesehatan asalkan dengan pengaturan waktu yang tepat . Jika anda setelah makan langsung minum teh , beberapa fakta mengungkapkan bahwa penyerapan zat besi dalam tubuh akan terganggu apalagi bagi anak-anak dan ibu hamil , kekurangan zat besi dapat mengakibatkan ” bencana ” bagi tubuh kita . Kalau anda memang keukeuh ingin minum teh setidaknya anda harus menunggu satu jam setelah makan .

Tidur – Dalam kondisi perut penuh , rasa menngantuk kerap kali kita rasakan . Dalam beberapa mitos yang berkembang bahwa tidur setelah makan menyebabkan kegemukan , faktanya bukan hal itu . Tidur setelah makan akan meningkatkan asam lambung , sendawa dan panas di dada sehingga meningkatkan resiko stroke . Untuk lebih aman anda harus menunggu minimal dua jam setelah makan siang ataupun malam ..

Olahraga – Mendapatkan nilai sehat yang lebih adalah dengan olahraga , namun setelah itu sebaiknya tunggu waktu sekitar dua jam saja setelah makan . Pasalnya , olahraga setelah makan kita akan merasa sesak di dada , cegukan dan terasa sakit bahkan bisa saja anda kejang-kejang . Lebih baik sebelum makan kita olahraga ( tapi bukan berarti harus perut kosong ) , makan terasa nikmat setelah olahraga jauh beda sebelum olahraga . benar ???

Merokok  – Jangan merokok langsung setelah makan , tunggu minimal 20 menit agar tidak berbahaya bagi tubuh  karena zat nikotin akan terserap dua kali lebih banyak . Zat yang dikeluarkan dari tembakau juga akan dengan cepat menghambat penyerapan vitamin serta mineral dalam tubuh . Tidak ada cara lain untuk hidup sehat yaitu SETOP MEROKOK !!! .

10 Fakta unik tentang air kencing ( Urine ) jangan sewot dulu ya

Air Kencing atau dikenal juga dengan Urine merupakan salah satu cairan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh anda sehingga wajib dikeluarkan , kebayang gak sih kalau kita tidak pernah kencing pasti si utun bisa-bisa mengembang kayak balon ,,hahha.

gambar air kencing

ilustrasi

Lantas apa saja sih fakta unik dan menarik tentang air kencing yang bikin kamu penasaran ? hal ini dilihat dari sisi sosial dan #kesehatan ya guys ,,,he

  1. Pertanda kamu sehat

Mengeluarkan urine tergolong mudah , tinggal masuk wc , buka itu lalu ceeeer sampai beberapa detik hingga habis maka kamu sudah tidak akan merasa ” terganggu ” lagi . Kita harus bersyukur karena keluarnya urin pertanda kita sehat loh ,,,Bahkan banyak orang di rumah sakit mengeluh dengan biaya yang mahal hanya untuk bisa kencing , syukur lah kalau kita masih lancar kencingnya kan ,,,

2. Urin itu bau

Belum pernah dengar kabar bahwa urin itu wangi bunga misalkan , faktanya semua air kencing justru bau apalagi kalau kamu kencingnya sembarangan , wah bikin semut pada pingsan ,,,hehe

3. Kalau musim dingin , produksi urin selalu sering

Entah kenapa ya kok selalu sering gitu kalo saat musim hujan ( kedinginan ) apa karena si dia tidak pake selimut yah ? ah ngga juga , pake kok tapi ada udaranya ,,hahahah . Kita mah gak usah ngomongin orang lain karena kita sendiri merasakan saat suhu udara sedang dingin maka si dia semakin berat saja .

4. Najis dan jijik

Dalam kacamata islam , air kencing masuk dalam kategori najis mutawasitoh ( sedang / dibersihkan harus dengan air dan digosok-gosok ) . Bahkan makanan kita atau pakaian kita terkena satu tetes saja maka termasuk najis juga .

5. Komposisi urin

Komposisinya terdiri dari 95 persen adalah air , 2,5 persen urea dan 2,5 persen campuran lain yaitu enzim , mineral dan garam . Bahkan  kalau bekas kita pipis kemudian dibiarkan mengering dalam satu hari saja akan menimbulkan bau yang menyengat , bau tersebut merupakan reaksi urea dengan lingkungan sekitar .

6. Urin itu sehat

Eitttss ,,,  bukan berarti sehat di konsumsi ya guys , tapi dijadikan pupuk alami bagi tumbuhan . Bahkan air kencing kelinci banyak digunakan oleh petani sebagai pupuk alami yang manjur sehingga tanaman lebih produktif. Selain itu , air kencing juga jadi minuman segar bagi tumbuhan terutama di musim kemarau ( tidak perlu disiram lagi ) hi hi .

7. Kencing berdiri diidentikan sebagai binatang

Pandangan masyarakat kita bahwa siapa pun yang kencing sambil berdiri merupakan kawannya binatang , kok bisa ya ? ya iya lah secara kan binatang kalau kencing gak pernah sambil jongkok ataupun duduk ,,,wkwkwk

8. Kencing berdiri sebabkan prostat

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa kencing berdiri dapat menyebabkan prostat karena air urin kita tidak terkuras habis dalam kantong kemih , untuk itu kamu jangan berdiri ataupun duduk saat kencing (duduk yang kayak wc modern gitu ) , susah sih jelasinnya tapi mendingan gunakan posisi kaya orang-orang dahulu ,,,

9. Alat pengecekan narkoba

Para pengguna narkoba yang tertangkap basah suka kita saksikan di televisi dilakukan pengecekan melalui tes urin , cara ini terbilang paling ampuh sehingga kalo kamu menggunakan narkoba dan tertangkap polisi maka urin kamu akan jadi saksinya meskipun kamu berbohong .

10. Hanya ada satu makhluk yang tidak bisa kencing

Jawabannya adalah  ,,,,,,,, makhluk mati ,,,hahahah

 

Cara tidur nyenyak siang dan malam

Tidur nyenyak adalah hal yang paling diinginkan semua orang , kita ingin beristirahat dengan tenang tanpa ada halangan ini itu , namun mungkin hal itu hanya didapatkan sebagian orang saja , masih banyak kita dengar mereka mengungkapkan tidurnya tidak pernah enak yang akhirnya marah-marah…hahahah.

Bahkan dalam sebuah berita mengungkapkan bahwa warga Amerika ( iya di Amerika sana ) tidak akan bisa tidur sebelum meminum obat tidur , kalau hal ini setiap hari di minum bukankah zat kimia dalam tubuh akan menumpuk ?

tidur

gambarnya kok gak nyambung ya ? emang iya ,,,hiihih hiasan

Saya di sini bicara masalah pengalaman yang telah dilakukan dan justru hasilnya memang memuaskan .

1. Berdoa ( Jangan sampai kamu lupa yah )

Sebelum tidur alangkah baiknya anda berdoa terlebih dahulu , untuk mendapatkan doanya tinggal minta saja sama teman , orang tua , pak ustad ataupun di internet karena doa tersebut sudah banyak yang mengulasnya . Jika anda belum tahu ya segera cari , atau bisa juga dengan membaca bismillahirrahmanirrahim sebanyak minimal 11 kali , tambahkan juga sholawat dan doa tidur. Apakah ini penting ? Yups sangat penting sekali , kita memohon kepada Allah agar diberikan keselamatan dan diajuhkan dari gangguan jin .

Penasaran kan dengan hantu ? yuk cek #daftar hantu menyeramkan di Indonesia bahkan di samping kamu,,i hih hi

2. Mematikan lampu atau menggantinya dengan lampu khusus ( Terlalu terang saya yakin susah tidur )

Dalam sebuah laman saya menemukan bahwa tidur dengan keadaan terang tidak bagus untuk kesehatan , tapi saya bukan seorang dokter atau apalah . Kebiasaan saya memang tidak pakai lampu ketika mau tidur dan rasanya memang beda ke mata kita . Lalu kalau saya takut gelap gimana ? Ya sudah banyak kok lampu-lampu yang dijual khusus buat tidur karena lampu tersebut tidak terlalu terang dan tidak pula terlalu gelap.

3. Jangan pakai pakaian ketat , pake yang longgar saja dan pori-pori yang tidak terlalu rapat

Ini alasan kenapa kamu harus menggunakan baju tidur yang pas , jika baju yang kita pakai terlalu ketat ya sudah dipastikan tidur anda tidak akan nyenyak karena otot tubuh kita tidak reflek dengan baik akibat tarikan karet baju/bh . Solusinya adalah gunakan baju yang longgar supaya saat bergerak lebih leluasa . Bagaimana kalau saya tidak mau pakai baju saat tidur ? Ya itu tergantung anda , mau pakai baju atau tidak namun kalau saya itu tidak pakai baju tetapi langsung pakai selimut dan rasanya pun memang nyaman dan bangun tidur badan kita tidak terasa kaku . Jika ingin mencoba ya silakan saya tidak melarang…heheheh

4. Ciptakam suasana tempat tidur yang nyaman dan tidak bau jigong

Tempat yang nyaman tidak tergantung mahal atau tidaknya barang kebutuhan tidur . Nyaman disini lebih ditekankan pada kebersihan dan kerapihan saja supaya ruangan tempat tidur kita tidak berantakan dan tidak tercium bau yang tidak sedap . Percuma anda menggunakan bantal mahal juga kalau bekas ” pulau ” tidak pernah dibersihkan , apa coba yang terhirup kalau tidak lain adalah aroma Jigong.

5. Berwudhu terlebih dahulu ( sunnah )

Kalau yang ini memang tidak akan anda rasakan kalau tidak mencobanya , jadi cobalah anda mencobanya dan rasakan mass** Hampir semua orang pasti merasakan stress setiap harinya sehingga tidur pun susah karena otak kita masih bekerja memikirkan hal inilah hal itulah. Jadi sebelum tidur sebaiknya hilangkan stress , mininalnya ya dikurangi tingkat stresa anda.. Lalu bagaimana cara menghilangkan stress ? Coba satu dulu nih yaitu wudhu ….

7. Jangan Main Gadget , kalo mainin hatiku tak jadi masalah ,, Opsss,,,, ( cewek only ) hehe

Ini nih kebiasaan yang harus dihindari , kadang kita sebelum tidur pasti akan selalu memegang handphone sekedar sma , chat ,main game ataupun nelfon . Jika hal ini dibiasakan pasti tidur anda akan terganggu , apalagi kalau pagi harinya anda bekerja sedangkan tidurnya larut malam apakah badan kita cukup istirahat ? Tidak kan ?. Terlebih kalau hp yang kita pegang adalah hp baru yang fiturnya lengkap pasti kita lebih ” sono “….. he

Salam dari admin Gaya Hidup Islami