Daya Tarik Wisata Pantai di Bangka Belitung

Bangka Belitung dengan ibukotanya adalah Pangkal Pinang merupakan sebuah wilayah yang terdiri dari Pulau Bangka dan Belitung. Jika dilihat dari potensi wisatanya ada banyak sekali ragam meliputi wisata alam , budaya maupun wisata buatan.
Provinsi Bangka Belitung merupakan provinsi baru pecahan dari Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan daerah dengan kekayaan alam sebagai pengahasil timah terbesar di Indonesia serta penghasil lada berkualitas. Di daerah ini banyak sekali potensi yang terpendam dan dapat dikembangkan baik wisata alam dengan pantainya yang tersebar diberbagai tempat , desa dan lautan wisata berupa air panas maupun wisata budaya kampung China dan tempat pengasingan Bung Karno di Mentok.
Frekuensi penerbangan dari berbagai armada sekarang lebih ditingkatkan lagi untuk mendongkrak infrastruktur ” Pesona Indonesia ” agar tata kelola bisa dilaksanakan dengan baik demi kenyamanan dunia pariwisata dalam hal ini turis mancanegara.
Setidaknya saya mempunyai empat destinasi unggulan yang bisa jadi referensi dalam rencana perjalanan anda di Bangka Belitung.
1. Pantai Matras

foto pantai matras bangka
tempatwisataunik.com
gambar pantai matras
wikipedia.org

Sebuah pantai yang menawan dengan lebar 300-400 meter dan panjang 6,6 Km. Pantai ini merupakan spot wajib di Bangka Belitung karena kondisinya yang alami , pantai pasir putih , batu-batuan indah dan pohon kelapa yang berdiri disegala sudut.
Rencana liburan anda bersama keluarga nampaknya tidak akan menjadi beban karena dapat digunakan sebagai wahana bermain anak , akomodasi lainnya sudah mengalami banyak perubahan dan sangat bersahabat.
Untuk menuju ke Pantai Matras dapat ditempuh 2 jam perjalanan dari pusat kota Pangkal Pinang , pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Parai. Bedanya , Pantai Parai dimiliki oleh Hotel akan tetapi Pantai Matras masih dalam pengelolaan pemerintah daerah.
2. Pantai Tanjung Kelayang

foto pantai tanjung kelayang
sefyrabelitungtravel.com
gambar pantai tanjung kelayang
ubb.ac.id

Terletak dibagian utara Pulau Belitung dengan jarak sekitar 30 Km dari Tanjung Pandan. Keadaan pantainya berpasir halus bergradasi,air laut tenang sehingga sangat cocok untuk berenang. Disekitar pantai dapat dijumpai pohon-pohon kelapa yang berdiri tegak menghiasi pemandangan alam yang mempesona dan terdapat bukit berbatu.Jika anda seorang photografer maka anda harus jeli dalam mengambil gambar karena ada banyak spot yang syarat dengan keindahannya.

3. Pantai Burung Mandi

pantai burung mandi foto
thearoengbinangproject.com
gambar pantai burung mandi
bangkatour.com

Jika di Jakarta kita akan mengenal Ancol yang indah itu ,maka Pantai Burung Mandi merupakan Ancolnya Belitung Timur yang berjarak sekitar 70 Km dari Tanjung Pandan. Sama halnya dengan pantai lain seperti Matras dan Kalayang namun pohon pinus yang berjajar disekitar pantai dapat menambah nuansa alam yang sesungguhnya akan tetapi tidak akan dijumpai hamparan batu granit besar sehingga hanya terlihat hamparan pasir putih yang luas dan ombaknya yang landai sangat cocok untuk objek wisata keluarga.

Wisata di Cianjur Paling Hot

Dalam artikel singkat ini saya akan mencoba memaparkan tentang tempat wisata di Cianjur yang sangat sayang jika tidak dijajal dalam agenda liburan anda.

Pengen tahu lebih lengkap daftar wisata di Cianjur ? mari saya kasih indeks di bawah ini namun tidak sedetail mungkin karena lagi tidak mood nulis.

  • Gunung Kasur
  • Bukit aquila
  • Bukit Talita
  • Bukit Arca
  • Curug Cibeureum
  • Curug Ciheulang
  • Talaga Warna
  • Puncak Pass
  • Makam Syekh Abdul Gofur Cijedil
  • Makam Mama Shoheh
  • Makam Mama Kandang Sapi
  • Makam Mama Gentur
  • Makam Mama Warung bawang
  • Makam Mama Rawabelut
  • Makam Mama Sindanglayung
  • Makam Mama Tarigu
  • Makam Eyang Dalem Cikundul
  • Stadion Badak Putih
  • Taman Bunga Nusantara
  • Kota Bunga Nusantara
  • Istana Presiden Cipanas
  • Lapangan Jati ( buat trail )
  • The John
  • Little Venice Kota Bunga
  • Gunung Padang
  • Gunung Gede
  • Taman Cibodas
  • Kebun teh gedeh
  • Mariwati
  • Jangari
  • Cirata
  • Tugu Tauhid
  • Tugu Tauco
  • Mandalawangi
  • Mandala kitri
  • Curug Goong
  • Curug Ciismun
  • Pantai Arfa
  • Pantai Jayanti
  • Cidaun
  • Jebrod
  • Teriminal rawabango
  • Kantor DPR
  • Pokland haurwangi
  • Gunung Batu
  • Cadas Gantung
  • Gunung Geulis
  • Danau Leuwi Soro
  • Sanggar Seni Perceka
  • Sanggar Seni Sekar Panghegar
  • MAN 2 Cianjur
  • Gunung Putri
  • Kayu Manis
  • Kuil Budha Pasir Kampung

dan masih banyak lagi wisata di Cianjur yang bisa anda jajal. salam..

 

Malam Hari di Syekh Hasan Munadi

Suasana malam hari yang tentram dan menenangkan jiwa itu terasa di kompleks pemakaman Hasan Munadi dan Hasan Dipuro yang dipercaya masyarakat sebagai penyebar islam di daerah Semarang tepatnya di Ungaran.

hasan munadi gambar

via japardemak.blogspot.com

Sekilas tidak ada yang beda dengan tempat ziarah pada umumnya , gaya arsitektur yang sudah berusia itu selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. Biasanya jika kita tanya , mereka mengaku sebagai rombongan ziarah Walisongo.

Daerah Jawa Tengah sebagian besar memiliki iklim yang panas , namun sepertinya tidak berlaku di komplek makam Hasan Munadi ini , rimbunan pohon yang tampak disegala sudut mengeluarkan udara yang begitu menusuk pori-pori kulit.

Sebelum masuk ke objek utama , di tempat parkir yang letaknya dibawah bukit itu sudah terpampang ojeg yang siap melayani perjalanan kita hanya bermodalkan uang 10 ribu sudah cukup untuk mengantarkan ke objek utama.

Ada yang lebih menarik dari sini , tidak jauh dari makam kita akan menemukan pancuran air yang sangat jernih dan deras ,warga percaya air ini sebagai salah satu obat mujarab. Kita dianjurkan untuk mandi di pancuran ini namun dengan ada aturan-aturan  yang harus dilaksanakan terpampang di pintu masuk pancuran salah satunya yaitu tidak kencing di aera pancuran dan diharuskan membaca syahadat serta sholawat.

Kucuran air yang keluar dari 7 pipa itu membuat semua orang merasakan dingin yang sangat dahsyat terlebih saat malam hari namun membuat tubuh kembali segar setelah siang harinya perjalanan menyusuri bukit yang syarat dengan hawa panasnya.

Setelah itu , kita akan menuju objek makam dengan melewati sedikit anak tangga dengan kemiringan sekitar 45 derajat , setelah sampai kita akan dihadang oleh penjaga makam untuk mendengarkan sedikit tausiah keislaman.

Setelah selesai kita langsung tawasul di makam Hasan Munadi , waktunya tergantung yang mimpin tawasul , setelah selesai baru kita pulang ke tempat parkir dengan naik ojeg. Komplek makam itu bukan hanya sendiri , melainkan ada puteranya yaitu Hasan Dipuro dan anggota keluarga lainnya.

Wilayah yang terasa sejuk itu menyimpan berkah tersendiri berupa banyaknya penjual makanan yang berjajar di setiap sudut parkir , ada yang berupa kios nasi bahkan ada pula di rumah pedagang. Yang jelas , aneka makanan dapat kita jumpai terutama sayur asam , ikan asin dan lalapan melengkapi kenikmatan makan di malam hari.

Hasan Munadi dipercaya sebagai penyebar agama islam di Ungaran yang hidup pada masa wali songo , deretan nama itu juga ditambah oleh putera beliau yaitu Hasan Dipuro yang sama-sama sebagai tokoh penyebar islam di pulau jawa khususnya di Semarang dan sekitarnya.

Karena perjalanan waktu itu terasa capek dan malam maka saya tidak sempat mengambil foto sebagai dokumentasi mohon maaf sebesar-besarnya.

Mesum di Bukit Aquila Pacet

Dibalik keindahan alam Cianjur tersimpan coretan hitam di Bukit Aquila yang masuk kawasan kecamatan Pacet , Cianjur. Berdiri diatas lahan milik pemerintah seluas 9 juta meter persegi , bukit aquila menjadi tempat sunyi yang kerap kali dimanfaatkan banyak pasangan untuk memadu kasih.

foto bukit aquila pacet

Lokasinya yang penuh dengan ilalang dan jauh dari pengawasan masyarakat menjadikan tempat ini sebagai wadah indehoy para pasangan yang belum halal , belum lagi udara khas Cipanas yang dingin seolah-olah menemani hawa nafsu untuk mengeluarkan” aroma ” birahinya.

Kawasan Cianjur memang dikelilingi oleh banyak perbukitan dari segala sudut salah satunya adalah bukit aquila ini , jaraknya yang tidak jauh dari situs purbakala gunung kasur , tempat ini menjadi spot favorit wisatawan belakangan ini. Pemandangan alamnya yang menakjubkan yaitu Gunung Gede Pangrango , Kota Cipanas dan pesawahan warga yang terlihat dari ketinggian senantiasa memanjakan mata kita , belum lagi kawasan yang luas itu dihiasi dengan rumput ilalang sehingga tak jarang wisatawan yang datang memotret untuk mengabadikan momen di bukit ini.

bukit aquila

Bagi Bikers , lokasi ini menjadi tujuan pertama untuk bersepeda melintasi puncak bukit ini mulai dari Beunying dan terakhir di kampung Simpang. Tak sedikit biker yang datang dari kota luar seperti Bogor , Jakarta dan Bandung. Pada beberapa kesempatan , shooting FTV juga kerap kali dilakukan disini .

Keramaian Bukit Aquila akibat adanya kunjungan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjabat sebagai kepala negara sehingga terjadi promosi wisata Cianjur yang begitu cepat dan menggaet wisatawan dari berbagai kota besar.

Namun sungguh disayangkan , objek wisata alam yang begitu indah ini harus mengeluarkan daftar merah sebagai tempat mesum para pasangan yang belum halal , jangankan malam hari , kita juga sering menyaksikan ( tak sengaja ) dilakukan di siang hari. Sungguh terlalu !

Harapannya , ada pihak yang ikut menertibkan kawasan ini supaya tidak dijadikan tempat ehem ehem terutama bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama kecamatan Pacet.

Jarak saya dengan bukit ini : 2 Km

Ingin pesan akomodasi dan paket nasi liwet ? Kontak saya 

 

 

[Lirik] Rumah Kecil Buluh Semambu – Iklim

Rumah Kecil Buluh Semambu keluaran Grup Musik Iklim merupakan salah satu lagu yang sangat saya sukai karena kandungan nilainya sangat dalam dan nada cengkok Melayu membuat saya bergetar hati.

Rumah Kecil Buluh Semambu

Jauh sudah melangkah

Ku pergi

Harapan membawa ku

Melangkah tujuan

Oh Khabarnya mutiara di sana

Bagai sutra idaman berkilauan

 

Terasa penat aku berhenti

Semacam kepiluan menerpa di jiwa

Wajah wajah yang teramat ku sayang

Berlari rian di depan mata

 

Oh oh oh oh bukan permata

Yang memberikan bahagia

Aku dan jemu hidup terpaksa

Oh oh oh oh semakin sayu

Ingin benar ku tempuh kembali

Masa yang silam dan abadi

 

Aku ( sering ) merindu

Terbayang bayang setiap waktu

Memang sukar untuk Ku

Lupakan kenangan yang dulu

 

Seperti mana aku bermula

Ingin ku akhiri segala-galanya

Rumah kecil dari Buluh Semambu

Hidup dengan cara yang termampu

 

Oh oh oh oh bukan permata

Yang memberikan bahagia

Aku dah jemu hidup terpaksa

Oh oh oh oh semakin sayu

Ingin benar ku tempuh kembali

Masa yang silam dan abadi

Aku merindu

Terbayang bayang setiap waktu

Memang sukar untuk Ku

Lupakan kenangan yang dulu

 

Cara Basmi Jerawat dengan Lidah Buaya

Pada artikel seputar jerawat kita telah membahas menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk , kelanjutannya jika cara tersebut belum berhasil maka anda bisa mencobanya dengan menggunakan lidah buaya sebagai obat jerawat alami.

gambar gel lidah buaya

memanfaatkan lidah buaya sebagai pemusnah jerawat via manfaat.co

Jerawat Batu yang bandel memang sangat risih jika kita mengalaminya karena saat tidak sengaja tersentuh akan terasa sakit dan suka meninggalkan bekas , untuk itu paling alami kita akan menggunakan bahan-bahan alam seperti lidah buaya ini Bagaimana caranya ?

  1. Siapkan dua sampai tiga helai daun lidah buaya
  2. Cuci bersih menggunakan air dingin
  3. Ambil Gel lidah buaya menggunakan sendok lalu simpan dalam wadah
  4. Balurkan gel lidah buaya ke area jerawat di wajah anda
  5. Tunggu 3-5 menit saja kemudian bersihkan dengan air dingin

Lidah buaya sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai obat alami kecantikan karena Hormon Giberelin dan Polisakarida berfungsi sebagai antioksidan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Vitamin C dan E dalam lidah buaya dipercaya mampu meregenerasi kulit sehingga kulit bekas jerawat perlahan-lahan akan hilang. Manfaat ini juga tidak kalah menariknya dari kegunaan minyak zaitun dalam dunia kecantikan.

7 Hal Positif Atasi Jenuh saat Tidak Bekerja

Di Artikel saya kali ini akan bahas 7 Hal Positif Atasi Jenuh saat Tidak Bekerja . Setelah kita meluangkan waktu untuk melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh maka hari idul fitri tentunya punya lembaran baru dan semoga lebih baik lagi dalam ibadahnya , ilmunya dan tentunya rezeki yang halal serta banyak.

gambar tidur siang

Terlalu banyak tidur saat tidak kerja pastinya akan bosan dan gak baik untuk kesehatan

Masalah uang tidak akan pernah lepas dari doa dan usaha , kerja salah satunya aktifitas menggali rezeki untuk menopang kebutuhan anak istri ( bagi yang sudah berkeluarga , kalau saya belum sih …wkwkwk ) . Bagi orang yang sudah punya pekerjaan pastinya berbanding lurus donk dengan penghasilan namun tidak semua orang merasakan hal serupa , kadang ada ( seperti saya ) yang menganggur sekian lamanya bikin kepala kayak mau meledak.
Apalagi dunia kerja , kalau gak punya skill gak bakalan ada peluang untuk mengembangkan karir ( Gue banget ) , melamar kerja susah ada panggilan interview , orang tua udah ngomel-ngomel belum lagi pacar minta beliin kado , wah tamat riwayat nih.
Ya bagaimanapun kehidupan , kadang diatas kadang dibawah namun jangan mau selamnya di bawah donk kapan mau majunya…lol. Nah pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara mengisi waktu luang ketika tidak bekerja / nganggur.
1. Buat lamaran
Buat lamaran kerja sebanyak mungkin baik dalam versi cetak ataupun multimedia ( email ). Hal ini penting banget loh jika suatu saat ada informasi lowongan pekerjaan setidaknya kita sudah siap tanpa ribet sama sekali mendadak.
2. Aplikasikan lamaran kerja
Setelah tahu tentang info lowongan , maka langsung masukan lamaran kerja kita agar langsung resume-nya di terima ( calon ) atasan. Jangan nunggu lama-lama , lebih cepat lebih baik loh.
3. Ibadah
Tentunya hal pokok yang jangan kamu tinggalkan , mendekatkan diri pada Allah adalah cara yang sangat halus untuk selalu memohon jalan dan kesempatan yang terbaik . Daripada kamu nongkrong gak jelas kan ?.
4. Silaturahmi
Temui teman anda dan tanyakan kabarnya . Selain menjalin silaturahmi , manfaat lainnya adalah kamu bisa meminta informasi lowongan kerja padanya baik di kantornya ataupun kantor lain . Jika kamu sudah mengontek dia tentunya lowongan yang didapatkan akan di prioritaskan pada kamu. Yakin deh !!!.
5. Traveling
Cara mengatasi kejenuhan di rumah bisa dengan cara jalan-jalan disaat waktu anda luang banget . Hal ini akan membuat fikiran kita fresh dan tidak terlalu banyak pikiran . Kan udah banyak media yang meliput katanya kalau kita terlalu banyak stress akan cepat tua loh , malu kan ..?
6. Menulis ( Opsional )
Tidak semua orang suka menulis , tapi jika kamu suka menulis ya bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan positif sambil nunggu ada panggilan interview . Daripada kamu melamun entar takut kesurupan donk..ih atiiit banget ah.
7. Membaca
Poin ini menurut saya mah sama dengan poin nomor 6 , karena sifatnya opsional saja…heheh tapi ingat ya , membaca itu membuka jendela dunia ” pepatan mengatakan “…
Nah itu dia poin-poin yang bisa kamu lakukan , jangan lupa sharenya ya jika bermanfaat dan selamat mencoba