gambar harapan

Setiap kali banyak orang mengeluh tentang sesuatu harapan yang tidak sejalan dengan kenyataan (atau dengan istilah lainnya) tidak sesuai dengan keinginan.

Sebagai makhluh sosial, kita kerap kali dilingkari oleh sekelumit permasalah hidup yang tak berkesudahan, saat kondisi ini sudah selesai akan ditimpa lagi dengan kondisi baru sehingga beban mental dalam menjalani karut marutnya kehidupan seakan-akan menjadi bom waktu bagi diri sendiri.

Tidak bisa dipungkiri memang, segala ancaman hidup yang dirasa kita sangat berat namun belum tentu orang lain menilainnya demikian, begitupun sebaliknya. Ada kalanya dalam hidup kita selalu berada dilevel keceriaan tapi ada kalanya juga dalam kesedihan entah karena akibat beban kerja, hubungan ataupun masalah “akut” lainnya.

Begitupun dengan harapan atau tujuan,,, kita tidak bisa menjamin seratus persen harapan itu akan terwujud dengan baik walaupun telah berusaha semaksimal mungkin. Kembali lagi pada kodrat manusia adalah sebagai makhluk/diciptakan (bukan khuluk/yang menciptakan). Semuanya berasal dari sang Pencipta kita (sesuai keyakinan masing-masing).

Segala harapan selalu dibebankan kepada waktu, kapan akan berhasil,, kapan akan tiba,,kapan akan terjadi dan sebagainya. Padahal, keinginan itu menurut nalar manusia ingin didapatkan dengan waktu singkat,,tapi mustahil,,,

Semua cita-cita kita baik dibekali dengan usaha ataupun tidak masih tetap dalam lingkup keridhaan sang pencipta, ,, dan mungkin masih ada jalan lagi yang harus ditempuh ataupun pilihan lain yang lebih baik.

Apapun harapannya, semua tergantung bagaimana sang Pencipta menghendaki dan kita berusahan dengan keras,,niscaya hasil tidak akan menghianati usaha.

Tapi banyak juga loh harapan yang kita gaungkan justru tidak sesuai dengan kenyataan ? apa penyebabnya (mungkin anda sudah tahu sendiri) ,,lalu,,,apa langkah selanjutnya dalam menghadapi permasalahan ini? berikut ulasan simpelnya…

  1. Cari dulu sejauh mana kita melakukannya…

Banyak orang ingin mendapatkan hasil dengan cara simpel… sungguh mustahil..jika anda mempunyai sifat ini mungkin menjadi penyebab utama kenapa anda selalu gagal dalam menggapai harapan,,,,seperti yang telah saya ulas pada kalimat-kalimat diatas, semua hasil akan bergantung pada kehendak-Nya dan seberapa besar usaha kita untuk mewujudkannya.

Intinya semuanya butuh proses, dan proses itu tidak ada yang singat,,butuh beberapa minggu hingga tahun untuk mimpi itu terwujud. Jika kita masih dalam comfort zone tentu apapun cita-citanya tidak akan tercapai…jadi apakah kamu telah melakukan usaha supernya ?

2. Allah mungkin sedang mengujimu,,,fahami , renungkan

Manusia tidak akan lepas dari ujian, musibah dan azab,,, segala ujian menandakan bahwa Allah mencintai kita sebagai hambanya. Kita saja untuk lulus dari sekolah tentu harus diuji terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelar/status kelulusan bukan ? nah harapan pun demikian, bukan berarti Allah tidak mampu namun sebenarnya mendidik anda untuk tetap dalam jalurNya dan bagaimana kekuatan dari diri anda sendiri.. untuk itu, bangun kepercayaan dalam diri anda sendiri yah

3. Ikhlas dan sabar

Tidak ada langkah paling indah selain dibarengi dengan keikhlasan dan kesabaran,, memang sulit namun anda masih bisa melakukannya. Apapun masalahnya, cobalah untuk tegar dalam menerima hasilnya walaupun hal itu sungguh pahit.

4. Jangan diambil stres,,,sakit loh

Tidak ada manusia didunia ini tidak memiliki masalah,,, sebesar apapun masalah yang dihadapi, sikapi dengan bijak dan tidak dijadikan alasan untuk malas ataupun putus asa. Stres justru akan membuat diri anda semakin terpuruk, selain dari dampak psikologi juga dampak kesehatan yang tak bagus seperti malas makan, malas beraktifitas dan lainnya.

Setiap hari organ tubuh memerulukan energi,, setiap detik fikiran kita harus bahagia,,,itu artinya tidak semerta-merta segala kegundahan diabadikan jadi beban mental,,,hilangkan fikiran kotor dan stresmu sekarang. Lakukan hal-hal menarik yang membuat diri anda lebih fresh lagi,,,ya kan ?

5. Jalani,,tapi….mikir

Harapan itu datang disaat yang tak disangka-sangka meski sudah direncanakan,,,namun ada pilihan lainnya yaitu menjalani dengan arip dan bijaksana,,,sekaligus memikirkan bagaimana untuk mewujudkannya dikemudian hari. Tidak ada kata putus asa,, coba dan coba lagi,,,

6. Mungkin belum waktunya,,,,

7. Percaya diri

8. Yakin

9. Ambil hikmahnya

10. Lakukan kembali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s