Deretan Uji Coba Nuklir dan Rudal Korut di Tahun 2017


gambar rudal korut hwasong 14

Rudal Hwasong 14 saat uji coba bulan Juni lalu

Tekanan dunia internasional terhadap program nuklir Kore Utara mengalir deras,Amerika sebagai macannya dunia mencoba untuk menekan agar program tersebut dihentikan. Namun saking ngeyelnya , Korea Utara tidak pernah mau mendengar hal itu, terbukti mereka melakukan provokasi untuk merudal wilayah militer Amerika di Guam.

  1. Pada 4 Juni 2017 Korut tercatat melakukan uji coba rudal Hwasong-14 yang mencapai ketinggian 2802 Km , mengudara sejauh 933 Km dan jatuh di laut Jepang setelah terbang selama 39 menit.
  2. Pada 29 Agustus 2017 lalu Korut meluncurkan rudal Hwasong-12 dengan sasaran ke pangkalan militer Amerika ( Guam ) melintasi wilayah udara Hokkaido yang kemudian jatuh di laut Jepang.
  3. Pada 3 September Korut diketahui menguji coba Bom Hidrogen yang mengakibatkan gempa 6,3 Skala Richter yang terasa hingga Korea Selatan dan Jepang.
  4. Masih dalam bulan yang sama , Korut juga menguji coba rudal jarak menengah Hwasong-12 yang melintasi wilayah Hokkaido yang kemudian jatuh di laut Jepang meskipun tidak ditembak jatuh oleh otoritas Jepang.

Rudal Korut merupakan paling sering diuji coba dengan jarak yang beragam , ambisi negara pimpinan Kim Jong Un itu untuk mengangkut hulu ledak yang dipasang dalam misil untuk mengirimkannya ke daratan Amerika. Informasi yang sedang hangat, Korut berencana melenyapkan wilayah Guam dengan nuklir yang akan menyusul dengan wilayah penting Amerika lainnya.

Walaupun belum mampu mencapai daratan Amerika secara maksimal akan tetapi suatu saat mereka akan mampu jika tidak ditekan terus-terusan oleh dunia internasional.

Sumber : http://www.4remaja.com/2017/09/jarak-korea-utara-korut-ke-amerika.html

Iklan