Daya Tarik Wisata Pantai di Bangka Belitung


Bangka Belitung dengan ibukotanya adalah Pangkal Pinang merupakan sebuah wilayah yang terdiri dari Pulau Bangka dan Belitung. Jika dilihat dari potensi wisatanya ada banyak sekali ragam meliputi wisata alam , budaya maupun wisata buatan.
Provinsi Bangka Belitung merupakan provinsi baru pecahan dari Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan daerah dengan kekayaan alam sebagai pengahasil timah terbesar di Indonesia serta penghasil lada berkualitas. Di daerah ini banyak sekali potensi yang terpendam dan dapat dikembangkan baik wisata alam dengan pantainya yang tersebar diberbagai tempat , desa dan lautan wisata berupa air panas maupun wisata budaya kampung China dan tempat pengasingan Bung Karno di Mentok.
Frekuensi penerbangan dari berbagai armada sekarang lebih ditingkatkan lagi untuk mendongkrak infrastruktur ” Pesona Indonesia ” agar tata kelola bisa dilaksanakan dengan baik demi kenyamanan dunia pariwisata dalam hal ini turis mancanegara.
Setidaknya saya mempunyai empat destinasi unggulan yang bisa jadi referensi dalam rencana perjalanan anda di Bangka Belitung.
1. Pantai Matras

foto pantai matras bangka
tempatwisataunik.com
gambar pantai matras
wikipedia.org

Sebuah pantai yang menawan dengan lebar 300-400 meter dan panjang 6,6 Km. Pantai ini merupakan spot wajib di Bangka Belitung karena kondisinya yang alami , pantai pasir putih , batu-batuan indah dan pohon kelapa yang berdiri disegala sudut.
Rencana liburan anda bersama keluarga nampaknya tidak akan menjadi beban karena dapat digunakan sebagai wahana bermain anak , akomodasi lainnya sudah mengalami banyak perubahan dan sangat bersahabat.
Untuk menuju ke Pantai Matras dapat ditempuh 2 jam perjalanan dari pusat kota Pangkal Pinang , pantai ini juga bersebelahan dengan Pantai Parai. Bedanya , Pantai Parai dimiliki oleh Hotel akan tetapi Pantai Matras masih dalam pengelolaan pemerintah daerah.
2. Pantai Tanjung Kelayang

foto pantai tanjung kelayang
sefyrabelitungtravel.com
gambar pantai tanjung kelayang
ubb.ac.id

Terletak dibagian utara Pulau Belitung dengan jarak sekitar 30 Km dari Tanjung Pandan. Keadaan pantainya berpasir halus bergradasi,air laut tenang sehingga sangat cocok untuk berenang. Disekitar pantai dapat dijumpai pohon-pohon kelapa yang berdiri tegak menghiasi pemandangan alam yang mempesona dan terdapat bukit berbatu.Jika anda seorang photografer maka anda harus jeli dalam mengambil gambar karena ada banyak spot yang syarat dengan keindahannya.

3. Pantai Burung Mandi

pantai burung mandi foto
thearoengbinangproject.com
gambar pantai burung mandi
bangkatour.com

Jika di Jakarta kita akan mengenal Ancol yang indah itu ,maka Pantai Burung Mandi merupakan Ancolnya Belitung Timur yang berjarak sekitar 70 Km dari Tanjung Pandan. Sama halnya dengan pantai lain seperti Matras dan Kalayang namun pohon pinus yang berjajar disekitar pantai dapat menambah nuansa alam yang sesungguhnya akan tetapi tidak akan dijumpai hamparan batu granit besar sehingga hanya terlihat hamparan pasir putih yang luas dan ombaknya yang landai sangat cocok untuk objek wisata keluarga.

Iklan