Cara Menanam Bawang Daun dalam Pot Plastik


Saat ini tren budidaya sayuran dalam Pot ataupun Polybag sudah menjamur terutama di kota-kota besar , keberadaan lahan yang sempit selalu menjadi alasan utama karena harga lahan di kota bisa berkisar jutaan rupiah per meternya.

gambar bawang daun dalam pot

Pemanfaatan lahan kosong di rumah merupakan cara yang sangat efisien supaya bisa lebih produktif , selain mengurangi pembelian sayuran ke pasar  , penanaman sayuran ini juga menambah pengalaman dalam bercocok tanam. Penempatan pot di dalam ruangan juga akan mempercantik ruangan rumah anda sehingga terkesan alami .

Salah satu sayuran yang paling mudah ditanam adalah bawang daun  yang dikenal dengan Allium fistulosum ini merupakan sayuran yang mudah ditemukan dan mudah ditanam. Bawang daun diguNakan sebagai bumbu penyedap rasa seperti dalam sup ataupun bumbu kaldu karena mengeluarkan aroma khas.

Anda mau mencoba budidaya bawang daun dalam pot di rumah ? mari kita lihat ulasan singkat ini ya kebuners,,,

  1. Ukuran pot tidak terlalu kecil

Jika anda menggunakan ukuran pot kecil maka sudah dipastikan pertumbuhan bawang akan terhambat karena penyebaran akar serabutnya tidak ” longgar ” . Fungsi akar ini adalah menyerap nutrisi dan air melalui pembuluh xylem yang kemudian disalurkan ke seluruh bagian bawang itu sendiri. Untuk itu , gunakan pot yang berukuran sedang bahkan besar lebih disarankan supaya bisa anakan.

2. Lubangi bagian bawah pot

Biasanaya pot sudah dilubangi permukaan bawahnya hal ini supaya air tidak mengendap , bawang daun sendiri tidak terlalu tahan air , dalam jangka lama akan terjadi pembususakan hingga mati. Jika anda memanfaatkan kaleng bekas maka pastikan terlebih dahulu supaya bagian bawah agar dilubangi dengan paku ataupun besi.

3. Gunakan media tanah dan dedak kasar

Menggunakan tanah yang keras akan menghambat perkembangan bawang karena ” terhimpit dan susah gerak ” untuk mengatasinya tambahkan dedak kasar ataupun bubuk kayu . Selain itu ,manfaat dedak ini supaya air bisa meresap dengan cepat , pasti anda pernah menyiram tanaman dalam pot akan tetapi airnya malah mengendap sangat lama hal ini dikarenakan celah-celah kecilnya tidak terbentuk sehingga menyulitkan air meresap ke dalam.

4. Potong akar bawang dan daun kuning

Daun yang kuning dan tampak layu mengindikasikan bahwa bawang itu tidak sehat , namun pertumbuhan daun baru pada bawang terbilang sangat cepat dalam hitungan hari . Sebelum anda menanamnya , anda bisa memotong akar bawang dan menyisakannya sekitar 0,5 cm karena akan terjadi regenerasi akar sehingga bawang lebih sehat.

5. Siram secara berkala

Terlalu sering menyiram bawang akan mempercepat pembusukan , untuk jaga-jaga sebaiknya anda menyiramnya setiap satu minggu dua kali saja.

6. Berika nutrisi

Nutrisi bisa berasal dari tumbuhan ataupun bisa membelinya di toko pertanian supaya bawang tetap sehat dan produktif.

 

 

 

Iklan