ledakan bom nuklir terbesar

3 Ledakan Bom Nuklir Terbesar dan Terdahsyat di Dunia


Atom merupakan salah satu unsur paling kecil di dunia yang terdiri dari eletron dan neutron yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron. Sejak puluhan tahun lalu pada masa perang dunia kedua , atom digunakan sebagai senjata yang sangat mematikan ( Uranium ) untuk pembuatan Bom Nuklir.

Bom Nuklir merupakan hasil dari pembelahan inti atom melalui reaksi fusi maupun reaksi fisi ( dikenal dengan termonuklir ) yang menimbulkan daya ledak sangat dahsyat. Pada masa perang dunia ke dua , Jepang mengalami kekalahan tanpa syarat setelah Kota Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi Bom Nuklir bernama Little Boy dan Fat Man.

Bom yang dijatuhkan di dua kota tersebut mampu menghancurkan secara total dan menimbulkan ratusan ribu orang meninggal belum lagi disusul korban akibat radiasi nuklir, daya ledak yang ditimbulkan pada waktu lalu belum seberapa jika dibandingkan senjata nuklir yang dimiliki Rusia dan Amerika.

Baca juga : Dunia bisa hancur dengan nuklir dalam 30 menit

Litle Boy yang dijatuhkan di kota Hiroshima hanya memiliki daya ledak sekitar 15 Kiloton atau setara dengan 15.000 Ton TNT dan Fat Man yang diledakan di Nagasaki sekitar 21 Kiloton atau 21.000 Ton TNT. Kedua Bom tersebut menyebabkan kerusakan total dalam radius 2 Km sehingga 90 persen objek yang ada dalam radius tersebut hancur tak bersisa. Little Boy menghasilkan bola api dengan diameter 300 meter dimana inti apinya diperkirakan mencapai suhu 5 juta derajat Celcius , ttidak lama setelah ledakan gabungan api dan angin mendorong ke segala arah dengan kecepatan 1000 km/jam membentuk awan jamur setinggi 6 Km. Sedangkan Fat Man hanya membentuk awan jamur setinggi 7 Km sehingga tidak ada tempat bagi penduduk untuk bersembunyi.

Namun faktanya , kedua bom yang diledakan atas dua kota penting itu sejatinya tidak apa-apanya jika dibandingkan dengan bom yang pernah diuji coba di dunia.

Berikut 3 Ledakan Bom Nuklir Terbesar di Dunia hingga menghasilkan gempa skala besar.

  1. B83 – Amerika
ledakan bom nuklir terbesar

ilustrasi

Merupakan bom nuklir yang dimiliki oleh Amerika dengan daya ledak 1,2 Megaton atau 1.200.000 Ton TNT . Objek yang ada dalam radius 7 Km akan hancur dalam sekejap dan menghasilkan awan jamur setinggi 20 Km.

2. Castle Bravo – Amerika

ledakan bom nuklir terdahsyat

awan jamur menjulang tinggi , jamur kamu berapa cm ? lol

Dalam tes yang dilakukan di kepulauan Marshal pada 1 Maret 1954 dengan hulu ledak nuklir sekitar 15 Megaton atau 15.000.000 Ton TNT. Ledakan senjata Termonuklir ini 1000 kali lebih kuat daripada Little Boy yang dijatuhkan di Jepang dan menghasilkan radius 12 Km serta awan jamur setinggi 40 Km.

3. Tsar Bomba – Rusia

gambar awan jamur bom nuklir

ledakan tsar bomba ( wikipedia )

Tsar Bomb merupakan bom Termonuklir terbesar yang pernah diciptakan manusia dan diuji coba pada 30 Oktober 1961 di Pulau Novaya dengan berat 27 ton yang diangkut oleh pesawat TU-95 yang merupakan pesawat terbesar pada masanya.

Daya ledak yang ditimbulkan dari bom nuklir ini sekitar 50 Megaton atau 50.000.000 Ton TNT atau 1350-1750 lebih kuat dari bom yang diledakan di Hiroshima dan Nagasaki dengan membentuk bola api dengan diameter 4 Km dan awan jamur menjulang tinggi 64 Km . Akibat dari ujicoba ini mengganggu seluruh jaringan telekomunikasi dan menghasilkan gempa yang sangat dahsyat. Untuk mencegah radiasi yang parah , bom ini diledakan 4 Km sebelum menyentuh permukaan tanah.

Iklan