Ulama Kenamaan Cianjur Makam Mama Shoheh Bunikasih


Mari mengenal lebih tentang ulama-ulama Cianjur sebagai pioner peradaban islam yang menjunjung nilai toleransi dalam beragama dan bermasyarakat. Bagi para santri Cianjur pastinya sudah mengenal salah satu ulama yang tidak terlalu kesohor ini , ya namanya adalah Mama Shoheh yang makamnya berada di Bunikasih atau ke arah barat dari makam Mama Gentur.

Sebelumnya mohon maaf jika saya mengulas biografi ini , bukan bermaksud untuk apa-apa akan tetapi lebih mengedepankan informasi bagi remaja dan pemuda seperti saya ini supaya ulama-ulama bukan hanya jadi nama indah saja melainkan meneruskan jejak mereka dalam membenteng dan mengindahkan agama hak yaitu islam. Secara pribadi saya belum pernah ziarah ke makam beliau , saya juga baru tahu dari saudara saat beberapa bulan lalu disela-sela perbincangan biasa.

Dalam perbincangan itu sebenarnya tidak tertuju pada bagian ini karena yang saya bicarakan berbagai macam topik terutama obrolan yang bikin ketawa. Tapi Allah berkehendak lain , pembicaraan kami menjadi lebih seru dan tanpa disengaja membahas tentang sosok ulama Mama Gentur.

Saudara saya memang lumayan dalam terkait ilmu agama pembicaraan terkait orang soleh selalu saya tekankan guna mendapat hikmah dan pembelajaran berharga bagi diri sendiri. Pembicaraan itu memang panjang lebar , jika dibuatkan dalam portopolio sepertinya tidak akan cukup satu malam menuliskannya, yang jelas ada topik yang berkaitan dengan artikel ini menyangkut Mama Shoheh.

Mama Shoheh merupakan salah  satu ulama yang tidak begitu terkenal di Cianjur , mungkin yang sering kita dengar adalah Mama Gentur , Aang Nuh , Aang Baden , Mama Warung Bawang ,Mama Cinangsi , Eyang Dalem Cikundul , Syekh Abdul Gofur Jongor , Mama Gelar dan ulama lainnya . Dari deretan nama bergengsi sejatinya bukan keinginan mereka , akan tetapi penghormatan tersebut didasarkan oleh akhlak , ilmu dan adab sopan santun sehingga masyarakat Cianjur menghormati mereka.

Dari nama diatas mereka tidak mengharapkan imbalan berupa uang atau penghormatan , selama hidup mereka mengabdikan diri untuk beribadah dan mengajarkan ilmu secara ikhlas sehingga saya yakin ketenaran nama-nama tersebut merupakan hadiah bagi hambanya yang soleh . Di dunia saja sudah dihormati apalagi di akhirat ( rahasia ilahi ). Lantas ada hubungannya dengan Mama Shoheh ?

Bisa dibilang Mama Shoheh ini sebagai gula dalam secangkir kopi ( tidak ingin terlihat manusia , hanya ingin mendapatkan ridho Allah saja ) . Beliau merupakan guru dari Mama Gentur yang sejagat Jawa Barat khususnya Cianjur sangat terkenal karena kealiman dan akhlaknya.

Saat ini , makam Mama Shoheh banyak di ziarahi oleh penduduk sekitar dan dari berbagai daerah , kata teman saya bangunannya pun sederhana dan tidak berkesan mewah . Hanya penataan tempat parkir yang terorganisir sehingga membuat nyaman pengunjung yang membawa kendaraan.

Untuk saat ini mohon maaf saya belum bisa meringkas sepak terjang dan silsilah beliau karena dibutuhkan narasumber terpercaya untuk mengulas ulama ini . Harapannya , semua anak muda dan remaja lebih giat lagi dalam belajar dan mendekati ulama . Dalam diri ulama terdapat sir dan racun yang mematikan , dikatakan bahwa siapa saja menghina , mencela atau mengkriminalisasi ulama sama saja dengan bunuh diri dan Allah menyatakan perang terhadapnya.

Ulama merupakan pewaris para nabi , Nabi dan Rasul tidak meninggalkan keduniawian melainkan ilmu yang akan mengantarkannya ke jalan yang lurus. Mari kenali ulama-ulama kita , mendoakannya dan sayangi mereka , semoga ulama ada dalam ridho , derajat mulia dan pertolongan dari Allah,,,amiiin. Alfatihah ,,,,

Iklan