Mengenal Hwasong-14 , rudal ICBM Korut yang baru diuji coba


Uji coba rudal antarbenua ( ICBM) yang dilakukan Korea Utara membuat banyak negara geram , ujicoba yang dilakukan sehari sebelum pertemuan KTT G20 di Jerman itu membawa Amerika dan sekutunya naik pitam.

gambar rudal korut

Rudal yang diuji coba bernama Hwasong-14 diketahui mencapai ketinggian 2802 Km dan mengudara 933 Km selama 39 menit sebelum jatuh di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

Peluncuran rudal tersebut dilakukan di pangkalan udara di Panghyon, yang berjarak 100 kilometer dari ibu kota Pyongyang dibawah komando pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un.

Hwasong-14 atau KN-14 merupakan jenis ICBM berbahan bakar cair yang terdiri atas dua bagian. Rudal ini pertama kali diungkapkan ke publik tahun 2015 lalu. Dua bagian rudal ini berfungsi untuk mengendalikan tenaga pendorong rudal (missile boost) dan guidance.

Rudal Hwasong-14 sendiri memiliki panjang 16,9 – 17,4 meter dengan diameter 1,8 – 2 meter serta mampu membawa muatan hulu ledak nuklir seberat 300 – 700 kilogram. Rudal ini memiliki jangkauan maksimum 8000 ribu kilometer. Meski demikian , belum ada informasi berapa kekuatan ledakan rudal yang diuji coba tersebut , sebuah bom yang menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki diketahui memiliki daya ledak 18-20 Kiloton . Itu zaman dahulu yang teknologinya belum begitu maju , lantas dengan sekarang bisa saja puluhan hingga ribuan kali lipat daya ledak sebuah bom atom maupun bom termonuklir yang dikenal dengan Bom Hidrogen.

Iklan