Berapa Jarak Korea Utara ( Korut ) dengan Amerika ?


Uji coba rudal balistik antarbenua atau dikenal dengan ICBM yang dilakukan Korea Utara ( Korut ) pada Selasa ( 4/7 ) sehari menjelang KTT #G20 di Jerman sehingga membuat banyak negara melayangkan kecaman keras salah satunya adala musuh terbesar Korut yaitu AS.

gambar rudal korut

Kalau terjun ke Indonesia bisa hancur tuh dihipnotis,,wkwk

Uji coba  dilakukan dari sebuah pangkalan udara di Panghyon, yang berjarak 100 kilometer dari ibu kota Pyongyang. KCTV juga menyebut rudal balistik itu mengudara sejauh 933 kilometer selama 39 menit, sebelum jatuh di Laut Timur atau Laut Jepang ( Masuk dalam Zona Eksklusif Ekonomi ) .

Sumber  : https://news.detik.com/internasional/d-3547805/korut-umumkan-berhasil-uji-coba-rudal-antarbenua

gambar nuklir korut

AS berupaya menggalang dukungan negara-negara maju untuk menjatuhkan sanksi tegas terkait dengan peluncuran rudal yang dilakukan negara terisolasi , Korut. Tahun ini Korut dkonfirmasi melakukan beberapa uji coba rudal dengan jarak yang beragam . Namun uji coba yang dilakukan pada Selasa (4/7 ) itu diklaim sukses dan mampu mendarat di daratan Amerika.

“Korut sukses melakukan uji coba ICBM baru di bawah pengawasan pemimpin Kim Jong-un, dan rudal mampu menyerang negara manapun di dunia,” bunyi pernyataan tersebut, seperti dilansir Al Jazeera pada Selasa (4/7).

“Rudal Hwasong-14 mencapai ketinggian 2.802 km dan mencapai targetnya tepat setelah terbang selama 39 menit,” sambungnya.

Sumber : https://international.sindonews.com/read/1217882/40/korut-klaim-sukses-uji-coba-rudal-antar-benua-1499160932

gambar uji coba nuklir korut

Belakangan Korut kian agresif dalam mengembangkan senjata berbahaya tersebut walaupun sudah dijatuhkan beragam sanksi oleh Dewan Keamanan PBB membuat banyak negara jengkel. Namun, Korut juga berprinsip bahwa pengembangan rudal berhulu ledak nuklir itu untuk menjaga negaranya dari intervensi asing, dengan nuklir tidak akan ada negara yang mau mengusik kedaulatan negara komunis tersebut.

Kemajuan Korea Utara dalam teknologi balistik membuat banyak negara bengong dan khawatir , pasalnya hanya negara-negara yang mempunyai ” komposisi bagus ” untuk membuat sebuah rudal seperti teknologi dan biaya yang dikeluarkannya apalagi rudal antarbenua ( ICBM ) pasti membutuhkan kerumitan yang luar biasa.

Amerika dan sekutunya mencoba menekan Rusia dan China yang punya andil besar dengan Korea Utara karena sebagian besar transaksi ekonomi negara tersebut adalah dengan China.

gambar rudal korut

Bagi saya Korut adalah negara misterius , meskipun banyak dipojokan banyak negara tapi mereka mampu berdiri sendiri dan satu dari sedikit negara yang berani mengusik singa dunia , Amerika. Lantas bagaimana dengan Indonesia ? bisa anda jawab sendiri. Bahkan dalam beberapa sumber berita memberitakan , Amerika merasa khawatir terjadi konfrontasi serius di semenanjung korea terutama untuk melindungi sekutu abadinya yaitu Korea Selatan dan Jepang , negeri paman sam tersebut dengan sukarela menempatkan sistem perisai udara THAAD yang akan menghancurkan rudal musuh di udara.

Ambisi Korut untuk mengembangkan senjata nuklir kiat mencuat , selain menandingi Korea Selatan dan Jepang , Korut juga mengembangkannya untuk menghancurkan lawan terjauh yaitu Amerika. Sejatinya sebuah rudal bisa dikategorikan ICBM ( Intercontinental Ballistic Missile ) jika mempunyai kemampuan jangkauan diatas 5000 Km-12.000 Km yang  dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir.

Lantas berapa Jarak Korea Utara dengan daratan bagian Amerika ?

  • Alaska : 5954 Km ( 3700 Mil )
  • Los Angeles : 9551 Km ( 5935 Mil )
  • Chicago : 10420 Km ( 6475 )
  • New York : 10916 Km ( 6783 Mil )
  • Washington : 11035 Km ( 6857 Mil )

gambar rudal korut

Ya bagi kita semoga bencana nuklir abad ini tidak terjadi dan seterusnya , semoga ada denuklirisasi serta ada solusi untuk meredam ketegangan di semenanjung korea.

Iklan