17 Top tempat wisata di Cianjur


Tempat wisata di Cianjur – Ada banyak alasan kenapa orang berkunjung ke Cianjur mulai dari sejarah,budaya,kuliner hingga pemandangan alamnya yang terus tampil mempesona. Ya Cianjur yang berada di tiga kota besar seperti Bogor , Bandung dan Sukabumi ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama pada saat waktu libur panjang.
Karena lokasinya berada di tiga kota besar maka tidak heran kalau Cianjur jadi destinasi wisata yang jadi rujukan para traveler , keindahan alam , budaya dan keramah tamahan penduduknya seolah-olah anda terhipnotis untuk balik lagi ke Cianjur dalam rangka hiburan. Tidak bisa dipisahkan dari panorama alamnya berupa gugusan bukit disegala arah menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata yang eksotis dan dengan balutan udara yang sejuk terutama dikawasan perkebunan teh gedeh dan kawasan Puncak.

Dalam artikel ini saya suguhkan 17 Top tempat wisata di Cianjur untuk dijadikan referensi rencana perjalanan anda.

1. Pantai Agrabinta

wisata cianjur alam
instagram


Pantai Agrabinta terletak di kecamatan Agrabinta – Cianjur Selatan . Pantai yang dijuluki sebagai pantai ” Perawan di Cianjur ” ini memang masih belum terlalu banyak dijamah pengunjung karena fasilitas dan minimnya promosi wisata. Akibatnya banyak orang tidak mengetahui pesona alam yang berhadapan langsung dengan samudera Indonesia ini , jika dilihat secara topografi ,potensi wisata Agrabinta tidak bisa dianggap remeh karena keadaannya masih alami sehingga tidak terlalu banyak sampah yang berserakan.
Yang paling menarik dari objek wisata ini , pengunjung dimanjakan dengan sunsetnya namun ombaknya memang lumayan deras sehingga dibutuhkan kewaspadaan . Tertarik untuk mencobanya ?
Punya rencana ke air terjun ini ? ya memang sangat direkomendasikan oleh admin 4remaja.com . Curug yang berada di Desa Sukadana Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur ini menyuguhkan eksotisme alam yang sangat menawan sehingga dibanggakan oleh masyarakat sekitar dan menggaet seluruh lapisan masyarakat untuk mempromosikannya. Akibatnya pengunjung yang datang ke sini semakin hari semakin meningkat sehingga membawa berkah bagi perekonomian masyarakat setempat dan pihak pemerintah. Namun yang sangat disayangkan , fasilitas yang ada di Curug Cikondang belum begitu tersedia dengan baik padahal suguhan alamnya sungguh mempesona ditambah dengan alunan kicuaun burung dan udara khas pegunungan menjadi keindahan tersendiri.
Beberapa bulan lalu, bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dalam laman beritacianjur.com menginginkan agar Curug Cikondang dikelola dan ditata dengan baik supaya bisa menggenjot pemasukan bagi masyarakat dan pihak desa setempat.
“Saya ingin kedepan dilokasi ini ada wisata kulinernya juga, atau fasilitas olahraga panjat tebing,” ujar Bupati saat meyempatkan waktu mengunjungi lokasi di seusai kegiatan Syiar Saba Lembur belum lama ini.
Buat warga Cianjur ini harus jadi kebanggaan tersendiri karena potensi wisata di segala juru Cianjur akan terealisasi dan makin banyak dikenal oleh traveler.
3. Takokak

Yang penakut tidak disarankan ya,,,bisi kasarumahan ,,

wisata di cianjur takokak
makam pahlawan


Objek wisata ini lebih spesifik dalam kajian wisata sejarah karena di kecamatan Takokak selain menyuguhkan keindahan alam juga adanya tugu pahlawan Cigunung Tugu di desa Pasawahan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Takokak akan dijadikan sebagai objek wisata sejarah unggulan di kota yang terkenal dengan Tauconya .

Tugu Pahlawan Cigunung Tugu merupakan salah satu tugu yang secara turun temurun melalui mulut ke mulut adalah tempat gugurnya para pejuang zaman baheula dalam melawan penjajah Belanda. Makam-makam yang ada diwilayah ini harus dilestarikan oleh kita dan mengambil pelajaran sejarah perjuangan para  pejuang bangsa untuk kemerdekaan Indonesia . Dengan demikian , jika ada acara sejarah lintas pendidikan disarankan untuk mereferensikan Takokak sebagai tujuan utama sehingga peserta didik dan anak-anak bisa mengenal sejarah sebagai potensi akademik di dinas pendidikan.
4.Pokland Haurwangi Ciranjang

Kalau pake hammock jangan terlalu bergulir ke belakang , bisi tigedeblug,,

pokland haur wangi cianjur


tempat wisata di cianjur


Jika anda masih keukeuh ingin menikmati pesona alam Cianjur tidak ada salahnya untuk ke Wana Wisata Pokland Hurwangi yang berada di Kecamatan Haurwangi . Pokland ini berbatasan langsung dengan kabupaten Bandung Barat yang diapit oleh sungai Citarum.

Walaupun objek wisata ini masih terbilang baru , namun keberadaannya diatas lahan perhutani sekitar 30 Ha ini menjadi objek vital di Cianjur karena dapat menggenjot pendapatan daerah dan dijadikan alasan pengunjung untuk mempromosikannya. Wana wisata ini diperkaya dengan fasilitas lumayan lengkap seperti kegiatan outbound dan sangat ramah anak sehingga anda bisa membawa rombongan sebanyak-banyaknya untuk datang kesini. Pesona haurwangi yang dilengkapi dengan nuansa alam seperti pohon pinus dan aneka tumbuhan dan keberadaan fasilitas hammock menambah keasyikan liburan anda. Untuk tiket masuk hanya dikenakan Rp.6000 saja sedangkan fasilitas parkir secara gratis. Namun yang paling disayangkan dari objek ini adalah keberadaan mushola dan toilet yang minim sehingga menyulitkan pengunjung untuk sholat.
Akan tetapi , yang patut disayangkan adalah banyaknya sampah yang berserakan dimana-mana sehingga mengganggu view lokasi yang instagramabel ini .
5. Situs Gunung Kasur

gunung kasur
gunung kasur


tempat wisata di cianjur
gunung kasur


tempat wisata di cianjur
gunung kasur


Berada sekitar 3 Km dari Istana Cipanas ke arah timur , belakangan situs batu kasur ini diperhitungkan oleh wisatawan yang datang dari warga sekitar dan luar kota. Keindahan alamnya memang tidak bisa diganggu gugat dimana anda dihadapkan dengan view kota Cipanas dan Gunung Gede Pangrango dari kejauhan.

Situs sejarah yang berdiri diatas lahan 11 Ha ini mulai ditata pihak setempat untuk memudahkan dan menarik pengunjung sehingga tak herang sekarang sudah banyak yang merekomendasikan situs batu kasur sebagai wisata andalah di Cipanas sehingga sangat ramai diperbincangkan di media sosial.
6. Curug Tilu

Walau baru dikenal namun syarat dengan keindahannya,,,

gambar curug tilu
beritacianjur.com

Curug Tilu merupakan salah satu sumbangsih kecamatan Campakamulya dalam dunia pariwisata. Objek wisata ini memang belum begitu familiar dikalangan wisatawan pada umumnya karena belum banyak dijamah masyarakat dan masih minimnya promosi wisata.
Padahal jika kita jajaki secara seksama sebenarnya curug tilu memiliki potensi alam yang sangat indah lengkap dengan udara yang sejuk dan terdiri dari tiga ( tilu ) undakan yaitu undakan pertama setinggi 15 meter , undakan kedua setinggi 5 meter dan undakan ketiga setinggi 3 meter.
Buat anda yang suka foto-foto maka bisa dijadikan sebagai objek fotografi yang menawan , akan tetapi untuk berkunjung ke sini minimal lima orang dan dipandu oleh pemandu profesional karena masih menyisakan keangkeran dikalangan masyarakatnya.
7. Bukit Arca
wisata cianjur bukit arca
gunung gede juga kelihatan dari ciseureuh – arca

Cianjur identik dengan perbukitannya yang memukau salah satunya dapat disaksikan dengan bukit arca yang berada di selatan kota Bunga Cipanas . Bukit dengan ketinggian sekitar 1200 meter ini menyuguhkan eksotisme alam yang indah. Dari puncak bukit ini anda bisa melihat hamparan vila kota Bunga dan rumah warga sekitar bahkan kota Cipanas dari kejauhan.
Walaupun tempat ini belum begitu banyak fasilitas akan tetapi banyak warga yang berdatangan ke tempat ini untuk sekedar pacaran , melihat view , fotografi dan lainnya. Namun sangat disayangkan karena banyaknya orang pacaran tempat ini seperti kawasan puncak yang tidak jarang melakukan mesum , padahal tempat ini terbilang masih banyak makhluk halusnya yang jahat bisa saja anda gancet disini. Untuk itu , jika anda memang dalam rangka syukuran maka bisa dijadikan sebagai media dengan tempat ini , namun jika memang niat anda tidak baik sebaiknya jangan datang ke tempat ini . Disebelah utara ada sebuah air terjun arca yang konon dijaga oleh seekor ular siluman dan ada kasus pembunuhan di curug ini.
Demi kenyamanan dan keselamatan sebaiknya anda mematuhi peraturan adat yang ada , tidak mesum , tidak membawa miras ,narkoba dan bentuk pelanggaran lainnya. Oh iya,arca juga adalah salah satu jalur alternatif menuju Bogor melalui Jonggol disaat jalur puncak macet. Akan tetapi tidak disarankan melewati jalur ini pada sore hingga malam hari karena masih rawan begal dan perampokan.
8. Istana Cipanas
objek wisata cianjur cipanas

Orang zaman baheula mengetahui bagaimana keadaan saat penjajahan dahulu bahkan presiden Soekarno lebih menyukai istana Cipanas sebagai tempat singgah dan peristirahatan. Keberadaan istana Cipanas menjadi ikon unggulan kota Cipanas dan terletak 50 meter ke arah selatan dari pasar Cipanas.
Pada awalnya istana Cipanas ini dibangun oleh bangsawan Belanda pada tahun 1740 akan tetapi semenjak pemerintahan gubernur Gustaaf Willem Baron Van Imhoff tempat ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan gubernur. Setelah Indonesia merdeka , secara resmi menjadi bukti sejarah dan menjadi tempat berbadan hukum dan digunakan hingga sekarang untuk singgah pimpinan negeri ini.
Asal usul nama kota Cipanas juga mungkin diambil dari sebuah mata air panas disekitaran istana sehingga diadopsi sebagai nama wilayah ini . Istana ini tidak pernah sepi pengunjung terutama kalangan akademik sehingga masuk dalam objek wisata sejarah dan pendidikan.
Didalamnya terdapat banyak benda-benda peninggalan zaman Belanda ,lukisan Soekarno ,lukisan 1000 pandang,keris Soekarno,kamar tidur presiden dan lantai yang beralaskan karpet meral tebal. 
Tempat ini dibuka untuk umum secara gratis namun untuk memasuki kawasan ini anda harus lapor ke petugas dengan membawa KTP sebagai bukti yang kemudian anda akan dipandu petugas keseluruhan ruangan , isi dan fungsi-fungsi bangunan.
9. Taman Bunga Nusantara
foto taman bunga nusantara

Sebuah lahan yang dihiasi oleh ribuat varietas bunga lokal dan luar negeri menghiasi seluruh lahan yang ada dan berwarna warni. Taman Bunga Nusantara menjadi destinasi wisata paling populer di Cianjur. Tak heran pengunjung dari luar daerah seperti Bandung dan Jakarta selalu membludak kawasan ini. Dari tempat ini tampak Gunung Gede yang menjulang tinggi dari kejauhan yang akan memanjakan mata anda , fasilitas parkir yang luas dan fasilitas ATM memungkinkan pengunjung lebih nyaman tanpa takut kehabisan uang.
Tiket masuk saat ini sekitar 25 ribu belum termasuk fasilitas lain seperti kora-kora dan lainnya. Anda bisa menghabiskan isi memori smartphone dengan foto-foto momen indah disini karena sangat instagramabel .
10. Lapangan Jati

Tidak suka main motor atau hanya menemani teman saja kamu bisa melihat pemandangan sekitarnya yang hijau berbukit,,, buktikan sekaran..

Buat anda yang hobi terabas menggunakan motor trail maka lapangan jati bisa jadi andalannya, beberapa bulan lalu kompetisi terabas se Cianjur dan Bogor digelar dilapangan ini. Untuk melakukan sebuah acara anda harus konfirmasi ke pengelola dan tidak mahal. ( tapi maaf saya lupa ) he he.Lokasi Lapangan jadi berada sekitar 7 km dari Taman Bunga Nusantara ke arah timur atau 1 Km dari kantor kecamatan Sukaresmi – Cianjur. 
11. Makam Mama Soheh Bunikasih Warungkondang

Mama Soheh dikenal sebagai guru dari Mama Gentur  

Mama Soheh juga merupakan salah satu ulama kenamaan pada masanya karena dipercaya sebagai guru dari Mama Gentur alias Ahmad Syatibi yang sangat terkenal di Cianjur karena keluasan ilmu dan akhlaknya. Makam Mama Soheh menurut informasi yang saya dapatkan dari  penduduk kampung tetangganya sudah sangat ramai dikunjungi oleh peziarah untuk bertaqarub dan mendoakan Mama Soheh. Yang paling menarik dari objek wisata ini adalah keberadaannya yang lumayan jauh dari perumahan warga dan didesain dengan bangunan sederhana. Untuk mengunjunginya berada di wilayah Bunikasih atau tidak jauh dari makam mama gentur.
12. Mama Gentur
Sebagai ulama kharismatik pada masanya , Mama Gentur selalu jadi rujukan ilmu agama terutama di bidang fikih yang mumpuni. Dalam komplek makam mama gentur ada makam putera-puteranya yang meneruskan perjuangan dakwah islam yaitu Aang Nuh dan Aang Baden.
Untuk ziarah ke makam mama gentur ada beberapa aturan yang wajib anda perhatikan adalah diharamkan membawa handphone ke area makam dan menggunakan pakaian yang sopan sesuai aturan islam. Saya sendiri pernah menyaksikan kala itu ada peziarah sendirian hendak ziarah ke mama gentur , sebelum masuk ke komplek utama tampak penjaga makam berjubah putih dan bersorban memeriksa setiap peziarah yang akan masuk , karena mungkin peziarah tersebut belum tahu atau mungkin lupa membawa handphone dalam saku celananya dan kemudian ketahuan oleh penjaga makam maka seketika hp tersebut dilempar tepat didepan pengunjung hingga hancur tak bersisa. Merasa kasihan juga namun apalah daya yang namanya peraturan ya harus ditaati sekeras apapun aturan tersebut yang jelas diterbitkannya aturan bukan tanpa alasan melainkan demi kebaikan bersama juga . Jadi jika anda hendak ziarah maka jangan membawa hp ke area makam sebaiknya disimpan di bagasi kendaraan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Makam Mama Soheh dan Mama Gentur tidak bisa saya berikan grafis gambarnya,,,

13. Makam Eyang Dalem Cikundul
Dikenal sebagai bupati pertama Cianjur yang lokasi makamnya di bukit Cijagang -Majalaya. Untuk lebih jelas tentang objek ini saya telah mengulasnya pada artikel ini.

Iklan