10 Makanan enak terfavorit di Indonesia ( bagian satu )


Jika kita berbicara makanan enak pastinya tidak akan pernah kehabisan ide untuk mencicipi bahkan belajar cara membuatnya , maklum bagi lidah orang Indonesia , mencicipi makanan tradisional maupun makanan modern yang enak akan selalu menjadi incaran utama meskipun harganya sangat mahal.

10 Makanan enak terfavorit di Indonesia

1. Bakso

makanan enak
bakso makanan enak favorit saat ini

Bakso menjadi makanan primadona masyarakat Indonesia sejak puluhan hingga ratusan tahun silam , pada awalnya masakan ini berasal dari negeri China dimana bahan pokoknya berasal dari daging babi . Karena mayoritas orang Indonesia beragama islam maka keberadaan makanan yang ada daging ataupun minyak babinya sangat dilarang oleh agama , akibatnya diadopsi oleh masyarakat menggunakan daging ayam ataupun sapi sebagai bahan utamanya .
Warung-warung bakso yang bertebaran di setiap sudut menjadi tanda bahwa bakso merupakan makanan yang sangat digemari oleh orang Indonesia . Saat ini sudah banyak kreasi bakso seperti bakso rudal , bakso madun , bakso astagfirullah , bakso malang , bakso madura , bakso urat , bakso setan dan aneka kreatif lainnya yang disesuaikan dengan rasa khas dan ukuran bakso itu sendiri.
2. Ketupat

makanan enak ketupat
ketupat masuk makanan enak juga

Makanaan enak di urutan kedua adalah ketupat . Pada umumnya ketupat bersifat musiman pada hari lebaran idul fitri ataupun idul adha saja . Namun sebenarnya tidak demikian , kita bisa melihat penjual ketupat dipasar-pasar bahkan biasanya ada kedai khusus yang menjual ketupat.
Harga ketupat memang relatif ekonomis , dalam persediaan uang 20 ribu saja anda sudah bisa mendapatkan dua sampai tiga porsi. Untuk saat ini setidaknya ada dua jenis ketupat yaitu ketupat sayur dan ketupat tahu . Jika dilihat dari proses pemasakannya , agar tercipta rasa yang kenyal dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam.
Perbedaan antara ketupat sayur dan tahu terletak pada bumbu yang digunakannya , ketupat sayur hanya menambahkan bumbu kaldu , kerupuk , toge dan bawang goreng . Sedangkan ketupat tahu dengan bumbu kacang , toge , irisan tahu , daging ayam ,kerupuk dan bawang goreng sebagai topingnya.
3. Nasi liwet

makanan enak sunda

Nasi liwet diberitakan sebagai makanan khas sunda sejak puluhan tahun lalu karena para perantau dari sunda saat ke luar kota mengungkapkan bahwa nasi liwet hanya bisa ditemukan di Jawa Barat dan Banten saja . Faktanya , populasi terbesar di Indonesia berasal dari Jawa Barat yang kemudian disusul oleh Jakarta.
Saat anda wisata kuliner ke Cianjur misalnya , pasti anda akan menemukan kedai nasi liwet dipinggir jalan dengan harga yang beragam .Pada kedai-kedai sunda , nasi liwet disajikan diatas daun pisang dengan lalapan , ayam bakar , ikan teri , sambal dan jengkol sebagai pelengkapnya . Tak herang , warga Jakarta sangat ketagihan dengan makanan enak ini dan selalu merekomendasikan kepada traveler di seluruh Indonesia .
4. Nasi Bebek

makanan enak nasi bebek
mau makanan enak ini ? nasi bebek

Beda lagi cerita dengan masakan ini , nasi bebek terdiri dari nasi biasa yang ditaburi bumbu minyak atau gulai bebek dan daging bebek sebagai penambah cita rasa utama . Biasanya ditemukan di daerah pasar , karena bebek merupakan barang yang saat ini sudah mulai langka maka harga nasi bebek memang sangat mahal bisa sampai 30-40 ribu per porsinya namun jangan ditanya lagi dengan rasanya pasti anda akan ketagihan untuk mencicipinya. Anda belum pernah mencoba ? aduh sangat disayangkan yah ,,,he he
5. Masakan Padang

makanan enak nasi padang
makanan enak ini paling mudah ditemukan

Hampir setipa juru di Indonesia akan dengan mudah mendapatkan nasi padang , selain harganya yang ekonomis namun rasanya memang sangat enak terutama jika nasi yang dibalut dengan bumbu khas dan rendangnya yang nendang membuat lidah kita komat-kamit. Yang paling favorit dari nasi padang adalah sambal hijaunya yang khas bahkan ( mungkin ) anda adalah orang yang ingin lebih banyak sambalnya daripada bumbu lain kan ? saya juga begitu kok,,,he

Iklan