Bripka Ase Polisi pilihan masyarakat Cianjur , tapi saya punya cerita lain


foto bripka ase polisi cianjur
via detik.com

Bripka Ase mungkin salah satu polisi ” Langka ” di jajaran Polres  karena pengabdiannya yang tidak menilang pengendara dengan cuma-cuma dan saat dilihat , tugasnya pun tidak mengenal lelah baik hujan maupun panas , saya memang suka melewati Pasar Cipanas dan saya sering melihat sosok beliau .

Rumornya Bripka Ase mendapatkan penghargaan dari Polres Cianjur , masyarakat sekitar juga menilai bahwa beliau sosok orang yang ramah , mudah bergaul dan tidak ” menjaga jarak ” dengan masyarakat , semua aktifitasnya digunakan untuk abdi negara yang baik seperti mengatur lalu lintas dan membantu anak sekolah ketika melintas jalan raya . Semoga beliau diberikan keberkahan , kedamaian , kesehatan dan dapat dicontoh oleh polisi-polisi lain .

Dari sisi baiknya memang demikian , namun saya punya cerita tersendiri ” sisi gelap ” oknum polisi yang seharusnya ditindak tegas oleh kepala stafnya ( biar perlu ) . Begini ceritanya :

Saya kedatangan teman sekolah dasar di rumah , sudah tidak lama bertemu karena saat lulus sekolah mereka langsung loncat ke Jakarta , beberapa tahun tidak bertemu akhirnya waktu mempertemukan saya dan teman sekolah. Gema hati yang riang membuat kami harus mengikuti alurnya karena mereka kangen sama saya dan ingin mengajak jalan-jalan , maklum kalau tinggal di kota biasanya ingin mengunjungi kampung-kampung yang damai dan adem .

Tidak lama kemudian saya mengikuti kemauannya , tujuan kali itu adalah ke Waduk Cirata , jelas kita harus melewati jalan Tapal Kuda , biasanya tuh di tempat sana suka banyak razia dari polisi gabungan antara hari selasa dan kamis .

Hari itu tepat hari minggu , tidak disangka ternyata barisan polisi sedang ramai-ramainya melakukan razia . Aku langsung tancap gas dan tidak berhasil di razia ( beruntung ) , tapi temanku malah kena razai dan akhirnya aku harus menunggu mereka . Tidak lama kemudian ( sekitar 10 menit ) aku melihat mereka dan aku lambaikan tangan agar berhenti .

Saya : A

Teman saya : B

A : Kamu kena tilang ya ,,, hahahha ?

B : Iya , sialan akuu kena , enak kamu gak kena

A : Pake trik donk , barusan aku lihat sudah lewat pa polisinya ,, Terus gimana ?

B : Biasa lah , keluar duit 50 Ribu..

A : Kasian atuh bro !!!

B : Tadinya memang sudah mau bubar , si polisi A bilang ” Udah yuk kita ke kantor ” , pak polisi B jawab ” Iya bentar dulu , 50 ribu nih ” ,,

A : Wah gitu banget yah ,, kena apanya ?

B : Aku gak bawa sim , itu aja sih ,,,,

A : Ohh,,, ya sudah lah , kita teruskan perjalanannya,,,

B : Oke bro,,,,

Akhirnya perjalanan kami lanjutkan ,,,, tapi aku mau tanya , kamu perhatikan tidak percakapan  si polisi A bilang ” Udah yuk kita ke kantor ” , pak polisi B jawab ” Iya bentar dulu , 50 ribu nih ” ,, pasti kamu akan merasa geram kan ? bukannya ditilang malah minta uang ….

Itulah salah satu oknum yang tidak bertanggung jawab dan jelas ini akan memberikan kesan buruk bagi kepolisian , buat pak kepala polres saya tidak bermaksud membeberkan kejelekan namun saya bicara fakta yang ada ,,,, he ambil hikmahnya saja , mending jadi Bripka Ase ,,,, amiiin ..

 

 

Iklan