Tumbuhkan Nasionalisme , Lagu Indonesia Raya wajib dinyanyikan sebelum KBM


gambar logo sugih mukti

Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur menyambut baik Kebijakan Menteri Pendidikan Muhadjir Efendi , salah satu kebijakan tersebut adalah mengharuskan menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya sebelum KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) dimulai .

Kebijakan tersebut tertuang berlambang Kementerian dan Kebudayaan Nomor 21042/MPK/PR/2017 bertanggal 11 April 2017 itu, ditandatangani sah oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Berikut isi suratnya :

Yth. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Provinsi/Kabupaten/Kota
di Seluruh Indonesia
Menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan sebagai implementasi dari Nawacita yang dicanangkan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), kami mengharapkan bantuan Saudara untuk mendorong upaya penguatan pendidikan karakter pada seluruh jenis dan jenjang pendidikan antara lain mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dan petunjuk teknis lainnya.
Selanjutnya untuk membangun/membangkitkan nasionalisme dan patriotisme, kami memgharapkan Saudara dapat menginstruksikan kepada seluruh satuan/lembaga pendidikan/sekolah baik di tingkat PAUD/SD/SMP/SMA/SMK untuk :
1. Memasang Naskah Pancasila, Foto Presiden RI dan Wakil Presiden RI di setiap ruang kelas serta beberapa foto Pahlawan Nasional dalam bingkai/pigura yang baik dan rapi.
2. Menyiapkan setiap kelas agar menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap pagi awal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan menyanyikan salah satu lagu kebangsaan/nasional sebelum pulang.
Demikian disampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Bagi saya kebijakan tersebut sangat sejalan dengan cita-cita bangsa Indonesia guna memupuk rasa nasionalisme dan patriostisme peserta didik . Perlu diketahui , beberapa survey saya lakukan masih banyak siswa yang tidak hafal lagu Indonesia Raya dan Pancasila ,padahal Pancasila sendiri merupakan salah satu ideologi bangsa dan satu dari empat poin Pilar Kebangsaan .

Dengan kebijakan tersebut diharapkan peserta didik lebih mengenal negara sendiri , meningkatkan nasionalisme dan jiwa kepemimpinan . Bukan untuk wilayah Cianjur saja melainkan untuk keseluruhan di dinas-dinas Pendidikan se Indonesia  agar generasi penerus bangsa jadi insan yang cinta negara sendiri .

Mari ramaikan ,,,

Iklan