Ikan paling enak di Indonesia versi diriku


Ikan air tawar ataupun ikan hias  memang mempunyai rasa yang khas masing-masing , ada yang hambar , ada yang pahit namun umumnya memiliki rasa yang gurih , itupun tergantung yang memasaknya apalagi kalau wanita cantik ,,, he he

Secara umum ikan berbau amis , dibalik baunya yang menyengat akan tetapi rasanya sangat enak sekali terutama ikan yang hidup di air tawar seperti mujair dan gurame .

  1. Ikan Wader

ikan wader atau beunteur

Ini nih salah satu ikan favorit saya , namanya adalah wader atau Beunteur untuk sebutan orang Sunda . Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan disemua aliran sungai terlebih sungainya yang mengalir deras dan sedikit keruh . Kebiasaan saya ketika musim kemarau , bersama tetangga akan langsung memburu ke sungai dengan cara di setrum ,, he he dengan demikian pendapatannya pun lumayan banyak .

Untuk masalah rasa nih ya , ikan wader paling enak di goreng hingga kering , sambal jahe dan nasi liwet akan membuatmu geleng-geleng kepala . Untuk satu lahap nasi cukup satu ekor ikan wader karena ukurannya yang mungil .

2. Lele

ikan lele

Walaupun usianya muda tapi sudah berkumis loh ,, iya tidak salah lagi kalau bulan Lele . Saat ini dikampung saya sudah banyak yang membudidaya ternak lele , ukuran satu kilo 8 atau tujuh sudah bisa langsung di jual ke rumah makan padang ataupun lesehan untuk dijadikan pecel . Coba saja anda lihat , hampir semua warung nasi akan menyajikan pecel ikan lele.

Walaupun kebanyak orang menyukai pecel lele , bagi diriku sendiri justru bertolak belakang karena lebih suka jika di goreng hingga krispi , sama halnya dengan ikan enak seperti wader , disantap dengan sambal jahe dan nasi hangat . Oalahhhh …

3. Mujair

gambar mujair

Walaupun kata orang ikan ini aslinya dari wilayah timur tengah namun dapat anda temukan dimana-mana , secara kasat mata memang ikan ini memiliki kepala yang besar , melotot , bibir cemberut dan sisik yang tebal . Tapi apalah daya jika digoreng hingga kering dan ditemani sambal serta nasi hangat akan membuat anda lebih ketagihan .

Ada banyak metode memasak ikan ini , ada yang digoreng secara langsung , dipais , di pesmol bahkan ada yang dibuat sup ikan , terserah anda mau pilih yang mana ,,, he he

4. Gurame

ikan gurame

Untuk budidaya gurame terbilang membutuhkan waktu yang lama untuk besar , di kolam saya juga gurame sudah lebih dari 10 tahun tapi baru berat sekitar 6 Kg saja . Daripada digoreng mending beli saja di luar yang sudah matang ,,, maklum kalau ikan sudah jinak dan gede biasanya kasihan kalau dimasak ,,he he

Untuk kategori yang simpel ,menikmati ikan gurame bakar menambah cita rasa yang khas , namun guramenya juga harus yang gede biar dagingnya lebih pungkil . Ada juga orang memilih di goreng dengan topingnya sambal terasi , jeruk nipis dan nasi hangat ,,, gubrag !!!!

5. Ikan mas

ikan mas

Ikan ini sangat rentan mati jika airnya keruh dan lambai ,,, dibalik itu masih menyimpan rasa yang tiada duanya , ikan mas terbilang ikan lemah karena sisiknya yang tipis dan tektur dagingnya tidak terlalu pungkil sehingga jika dimasak ada baiknya di goreng hingga kering .

Ada juga yang buatkan presto ikan mas namun ukurannya harus yang besar dan matang sampai tulang-tulangnya karena komposisi dagingnya diikan oleh tulang-tulang halus ,,, ( red )

 

Iklan