Menu Sahur di awal puasa yang harus anda perhatikan


gambar puasa ramadhan

Alhamdulillah besok lusa telah ramai diperbincangkan sebagai awal puasa Ramadhan , sebelumnya bagi orang Sunda , kegiatan Papajar biasanya dilakukan sebelum puasa minimal satu atau dua minggu sebelum puasa .

Di daerah lain seperti Bandung dan Purwakarta , masyarakat menyambut bulan puasa dengan cara mengadakan festival yang dihadiri oleh ribuan orang dari seluruh pelosok daerah , di Garut dapat kita saksikan festival obor dan iring-iringan bedug membanjiri pusat kota . Untuk daerah sekitarnya seperti Jawa , kemeriahan bulan puasa memang selalu ramai setiap tahunnya .

Puasa merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang telah mukallaf dan memenuhi syarat syahnya , salah satunya adalah menahan hawa nafsu dan tidak makan ataupun minum mulai dari imsyak hingga adzan magrib berkumandang . Salah satu yang umum diperbincangkan dalam puasa adalah menu sahur yang akan direncakan  Sebab tepat besok anda sudah tidak diizinkan menyantap makanan maupun minuman disiang hari ( kecuali wanita yang sedang ada halangan ) dan kebiasaan makan siang untuk sementara dialihkan ke waktu magrib .

Untuk awal puasa , ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan Menu Sahur supaya puasa anda tidak terkendala dan tidak terlalu ” menyiksa ” tubuh kita . Ada beberapa menu yang sebaiknya dimasukan dalam daftar makanan menu sahur anda , penasaran ? simak berikut ini :

  1. Minum air putih yang cukup

Dalam kondisi normal sehari-hari , kita harus memperbanyak minum air putih agar cairan tubuh kita tercukupi sehingga tubuh tetap segar dan bugar . Namun ketika puasa anda harus mengaturnya pas sahur , pastikan air yang anda minum mencukupi kebutuhan tubuh anda sehingga di siang harinya anda tidak keroncongan dan tidak terlalu haus . Maklum , ketika puasa kita suka terasa lapar , lemas , haus dan ingin cepat magrib ,,, hahha wajar !!!.

2. Konsumsi buah dan sayur

Dalam menu sahur jangan sampai terlupakan yah asupan ini , dengan mengonsumsi sayuran dan buah membantu tubuh kita tercukupi kandungan gizi apalagi buah-buahan seperti pisang dan apel mengandung banyak vitamin dan serat sehingga memperpanjang rasa lapar anda .

3. Minum susu

Jangan susu ibu atau istri anda yah ( beda kamar ) ,,, pastikan anda meminum segelas susu mineral supaya tubuh tidak terlalu ” korup ” . Dalam segelas susu terdapat banyak vitamin , mineral , zat besi dan protein guna menjaga tubuh anda tetap bugar sepanjang hari .

4. Jangan makan makanan berminyak

Bagi penderita maag hal ini akan memperburuk lambung anda dan akan terasa dipagi hingga siang hari , puasa merupakan metode penyembuhan secara alami yang efektif , maka dari itu aturlah pola makan anda agar puasa tidak menyiksa anda , pastika makanan berminyak anda kurangi kalau bisa dihilangkan .

Ide menu sahur

  1. Nasi goreng telor daging
gambar nasi goreng putih saat sahur
resepkoki.co

Supaya lebih praktis mendingan anda mencoba membuat nasi goreng , terserah mau nasi goreng jenis apa yang jelas didalamnya harus berisi sayuran dan daging cincang agar menambah cita rasa masakan.

2. Tumis buncis dan udang

tumis buncis menu sahur

Untuk lebih mempercantik kandungan protein dan serat , menu sahur anda harus disisipkan dengan ide tumis buncis dan udang . Pasti anda sudah terbiasa membuat tumis kan ? anda bisa menambahkan potongan udang ataupun potongan dadu daging sapi .

3. Sup Ayam

menu sahur sup ayam

Makan setelah bangun tidur memang bawaanya sangat malas apalagi kalau masakannya yang kering dan tidak menarik dimata , akhirnya memilih melanjutkan tidur lagi ,, hmmm ,, bagaimana kalau menu sahur anda memasak sup ayam ? tampaknya akan lebih memikat hati kita untuk makan bahkan untuk anak-anak sekalipun . Memang untuk sup ayam sebaiknya dijadikan menu andalan saat puasa karena semangkuk sup banyak gizinya seperti protein , vitamin ( dari daging dan sayur ) . Yang lebih menguntungkan adalah menambah komposisi air dalam tubuh kita sehingga saat puasa tidak dehidrasi . Bagaimana , apakah mau mencobanya dalam menu sahur anda hari ini ??

Iklan