( Baca ) Jangan lakukan hal ini setelah kamu makan


GAMBAR MAKAN

Makan merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup , tanpa makan tentunya kita tidak akan bisa hidup karena asupan nutrisi dan energi bagi tubuh berasal dari makanan yang kita makan . Lantas kenapa saya ungkapkan jangan melakukan hal berikut setelah anda makan ? begini ceritanya , terkadang kita setiap hari tidak memiliki waktu luang setelah makan ataupun memang ada kudapan yang harus di garap setelah makan . Maklum kita sangat gerot ingin menyantap makanan , entah itu karena lagi enak-enaknya , baru siuman ataupun memang gerot makan .

Hal yang paling utama kita rasakan setelah makan adalah timbulnya rasa mengantuk yah ? hampir semua orang merasakan hal ini , maklum makannya dengan semur jengkol plus sambal pedas . Tapi ada hal lain pula yang tidak boleh dilakukan setelah makan seperti olahraga , minum teh , tidur ,merokok dan mandi .

Kenapa hal tersebut dilarang , tujuan utamanya adalah kesehatan ,karena kesehatan merupakan modal utama kita dalam hal apapun .

Jangan mandi – Saat kita mandi secara otomatis suhu tubuh akan meningkat sehingga tubuh ita harus menyuplai darah ke kulit , akibatnya akan menghambat proses pencernaan dan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh  . Sebaiknya kita mandi setelah 30 menit ke depan , memang benar dengan hal ini , orang tua kita suka mengingatkan jangan langsung mandi setelah makan , bahkan menyarankan lebih baik mandi dulu sebelum makan , selain dari sisi kenyamanan hal tersebut juga berdampak pada kesehatan kita ..

Minum teh – Memang menjadi hal yang sangat dibiasakan oleh sebagin besar masyarakat kita ,rasanya yang menyegarkan dan menghangatkan tubuh sejatinya sangat bagus untuk kesehatan asalkan dengan pengaturan waktu yang tepat . Jika anda setelah makan langsung minum teh , beberapa fakta mengungkapkan bahwa penyerapan zat besi dalam tubuh akan terganggu apalagi bagi anak-anak dan ibu hamil , kekurangan zat besi dapat mengakibatkan ” bencana ” bagi tubuh kita . Kalau anda memang keukeuh ingin minum teh setidaknya anda harus menunggu satu jam setelah makan .

Tidur – Dalam kondisi perut penuh , rasa menngantuk kerap kali kita rasakan . Dalam beberapa mitos yang berkembang bahwa tidur setelah makan menyebabkan kegemukan , faktanya bukan hal itu . Tidur setelah makan akan meningkatkan asam lambung , sendawa dan panas di dada sehingga meningkatkan resiko stroke . Untuk lebih aman anda harus menunggu minimal dua jam setelah makan siang ataupun malam ..

Olahraga – Mendapatkan nilai sehat yang lebih adalah dengan olahraga , namun setelah itu sebaiknya tunggu waktu sekitar dua jam saja setelah makan . Pasalnya , olahraga setelah makan kita akan merasa sesak di dada , cegukan dan terasa sakit bahkan bisa saja anda kejang-kejang . Lebih baik sebelum makan kita olahraga ( tapi bukan berarti harus perut kosong ) , makan terasa nikmat setelah olahraga jauh beda sebelum olahraga . benar ???

Merokok  – Jangan merokok langsung setelah makan , tunggu minimal 20 menit agar tidak berbahaya bagi tubuh  karena zat nikotin akan terserap dua kali lebih banyak . Zat yang dikeluarkan dari tembakau juga akan dengan cepat menghambat penyerapan vitamin serta mineral dalam tubuh . Tidak ada cara lain untuk hidup sehat yaitu SETOP MEROKOK !!! .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s