Lombok jadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia dan dunia


republika.co.id – Pengukuhan kota #Lombok sebagai pelopor destinasi wisata halal membawa angin segar bagi dunia pariwisata tanah air .

wisata halal lombok

Saat ini , penerapan sistem syariah dalam sektor pariwisata sedang digenjot oleh berbagai pihak sehingga kemajuan pariwisata halal menjadi tolak ukur keberhasilan wisata di Indonesia . Patut anda ketahui bahwa Lombok mendapatkan mandat dan berhasil menyabet penghargaan sebagai World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination di Uni Emirat Arab (UEA) tahun 2015 silam .

Implementasi konsep syariah bukan hanya tertuju pada ekonomi dan budaya saja melainkan seluruh aspek kehidupan harus didasarkan pada hukum yang paling canggih yaitu hukum Allah sedangkan hukum yang ditentukan manusia kadang hanya menguntungkan beberapa kelompok saja .

Bupati Lombok Utara  Najmul Akhyar mengungkapkan : ” Kebijakan yang dilakukan di Lombok Utara, yang berhasil meraih kemenangan pada WHTA 2015 di Dubai adalah diusahakan semua bank di Lombok berbasis syariah. Kita percaya bahwa  sistem syariah adalah sistem yang ditetapkan oleh Allah lebih canggih daripada sistem yang dibuat oleh manusia ” .

Kalau memang kita ingin menerapkan wisata halal berbasis syariah maka seluruh unsur tatanan masyarakat dan lainnya harus mengikuti hukum syariah islam juga seperti restoran , hotel dan berbagai akomodasi lainnya . Memang semuanya bukan perkara mudah namun jika kita bersikap kukuh dengan didasari oleh pelaksanaan bukan tidak mungkin daerah lain akan mencontoh Lombok sebagai destinasi halal terbaik di Indonesia bahkan dunia .

Penerapan konsep islam juga harus tegak lurus dengan tidak mengganggu unsur budaya dan ciri khas sebuah daerah sehingga syariah islam dapat mudah diterima dengan baik dan ramah oleh wisatawan .

” Konsep sederhana adalah memberikan kenyamanan kepada para wisatawan. Memasukkan nilai syariah tanpa menghilangkan budaya dan kekhasan dari budaya daerah,” kata Najmul Akhyar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s