Ikan paling enak yang pernah aku makan saat ini


Bicara masalah masakan pasti saya akan cepat-cepat angkat tangan karena masakan ini selain kaya akan protein gizinya tetapi rasanya yang nendang di mulut . Ada banyak kreasi makanan dari ikan seperti digoreng , dibakar , dipindang ataupun dibikin balado .

Ikan yang bisa di kategorikan sebagai ikan paling enak yang pernah saya makan selama ini banyak berasal dari ikan sungai ataupun air tawar . Berikut ikan paling enak menurut pengalaman saya sendiri .

  1. Beunteur / wader/Paray

ikan paray beunteur

Ikan jenis ini banyak ditemukan di air tawar atau sungai dengan warnanya yang cantik dan ukurannya kecil namun siapa sangka untuk masalah rasanya sangat enak apalagi jika digoreng sampai kering dengan perpaduan sambal dan nasi hangat .

Untuk menikmati ikan ini memang sangat sulit mengingat ikan ini hanya banyak ditemukan di desa , kalau di kota mah jarang sehingga akan terkesan lebih asing . Selain itu , ikan jenis ini juga tergolong ikan yang suka diam di air deras sehingga sangat sulit untuk memancingnya .

2. Ikan nila / mujair

gambar ikan nila bakar

Hampir di setiap kolam pasti suka ada beberapa ekor , yang menjadikannya masuk daftar ikan paling enak karena tidak mengandung banyak tulang rusuk sehingga dagingnya sangat kenyal . Untuk memasaknya bisa dibakar , digoreng , dipepes ataupun di pindang . Beda halnya dengan ikan hias yang mahal , ikan mujair memang lebih ekonomis sedangkan rasanya sudah tidak bisa dianggap remeh .

3. Gurame

gambar ikan gurame bakar

Salah satu prilaku yang paling suka pada ikan gurame adalah sangat kalem namun jika sudah terancam akan lebih garang lagi . Ikan ini sama dengan mujair yakni tidak mengandung banyak tulang rusuk dan lebih cocok digoreng hingga kering . Untuk masalah rasa memang ikan gurame lebih unggul daripada ikan mujair . Pernah kamu mencicipi gurame bakar atau goreng ???

4. Lele

gambar pecel lele

Walaupun terlahir seperti bapak-bapak ( berkumis ) akan tetapi ikan ini lebih familiar dikedai-kedai makan seperti dibakar ataupun dibikin pecel . Untuk lebih menikmati disajikan dengan sambal dan nasi hangat .

5. Ikan asin

gambar ikan asin

vemale

Nah kalau yang ini pasti semua orang menyukainya karena dapat dengan mudah ditemukan di toko ataupun warung . Sebenarnya rasa asli ikan ini biasa seperti pada umumnya namun yang menjadikannya enak adalah dilakukan melalui proses penggaraman . Ukurannya memang kecil-kecil namun rasanya sungguh nikmat .

6. Lobster

gambar ikan lobster

Merupakan ibunya udang ( kan gede ukurannya ) , lobster memiliki ukuran yang besar ,warnanya kemerah-merahan dan harganya sangat mahal . Untuk menyantap binatang laut ini hanya disantap oleh orang-orang khusus karena mahal dan jarang ditemukan . Saya pernah mengonsumsi binatang ini dibikin pecel , dalam satu piring saya habiskan semuanya dan ternyata sangat ketagihan ingin mencicipinya . Bagian dagingnya merupakan bagian paling enak , disajikan dengan sambal pedas dan nasi hangat ditemani cincangan wortel dan mentimun sebagai topingnya . Penasaran ingin mencoba ? datangi saja restauran besar pasti ada ,,,, hehehe

Iklan