7 Makanan Paling enak di Indonesia , rendang mendunia


TRAVELINGDULU.COM  – Berbicara masalah makanan pasti saya adalah ahlinya ( he he he ) , karena berkeliaran di Jakarta dan kampung halaman akan terurai dengan cara mencicipi makanan yang katanya paling enak di Indonesia .

Walaupun secara umum , rendang adalah makanan paling enak di dunia tentunya menjadi kebanggaan bagi kita selaku warga negara Indonesia dan semoga ke depannya ada lebih banyak lagi makanan enak yang menggoda selera lidah Indonesia dan dunia . Cita rasa kuliner khas nusantara berasal dari pemilihan bumbu rempah yang berkualitas tinggi tanpa adanya campur baur bahan-bahan masa kini yang semuanya serba instan dan mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh . Ini juga menjadi alasan kenapa negara kita selalu unggul dalam hal kulinernya ? ya benar sekali karena di negara kita sangat kaya dengan hasil rempah berkualitas tinggi . Salah satunya adalah cengkeh , merica dan lainnya .

Pengen tahu makanan apa saja yang terasa paling enak di Indonesia ? berikut ulasannya :

  1. Rendang
makanan enak rendang sapi
via cecoia.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini ? hampir semua mengenalnya bukan . Ya benar sekali , rendang merupakan makanan made in Padang tepatnya di Minangkabau.

Masakan yang terdiri dari rempah pilihan dan berwarna coklat tua ini mampu menjilat para lidah pecinta kuliner tanah air . Sesuai kualitasnya , proses pemasakan dari awal hingga akhir memakan waktu yang lama untuk mengempukan daging ( umumnya sapi ) dan menyerapkan aneka bumbu masak .

Masakan ini pula dapat ditemukan di rumah makan padang ( khususnya ) , restauran , kedai dan indutri rumahan . Pada tahun 2011 , rendang di nobatkan sebagai nominasi nomor wahid World’s 50 Most Delicious Foods ( makanan terlezat ) yang digelar oleh CNN Internasional .

Masakan ini pula sebagai masakan go public , setiap daerah memiliki teknik memasak tersendiri dalam menciptakan cita rasa yang lezat .

 

2. Bakso

gambar bakso lezat

Di pusat perbelanjaan hingga pinggir jalan kita akan menemukan hidangan ini . Benar sekali , bakso namanya . Bakso merupakan makanan yang berasal dari negeri tirai bambu dengan daging babi sebagai bahan utamanya .

Namun perpindahan warga tiongkok bisa sampai ke Indonesia beberapa ratus tahun silam sehingga makanan ini diadopsi di Indonesia dengan daging sapi sebagai bahan utamanya dan sebagai kuliner halal bagi kaum muslim di Indonesia .

Para pedagang bakso memang telah menjamur ke segala arah , hal ini juga membuktikan fakta bahwa bakso juga adalah makanan yang paling diminati di Indonesia . Makanan  ini di banderol dengan harga bervariatif setiap porsinya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah . ” Indonesia itu unik ” , bakso saja sampai dibuat bakso setan , bakso rudal dan macam lainnya dengan porsi yang lebih besar khusus untuk hangout keluarga atau pasangan , tentunya dengan harga yang mahal pula . Anda penikmat bakso ? sama !!!.

 

3. Soto

makanan paling enak , soto
via blogspot.com

Ini merupakan makanan kesukaan saya ketika di Jakarta , setiap pulang kerja pasti akan membeli makanan ini . Ya soto namanya .

Soto merupakan makanan yang umum diadopsi oleh masyarakat jawa khususnya Madura . Soto terdiri dari sayuran , irisan daging ayam atau sapi , toge , mie , kikil dan air kaldu berwarna kuning kehijauan dengan bawang goreng sebagai topingnya . Soto paling enak disajikan dalam keadaan hangat dengan menambahkan nasi dan sambal sesuai selera .

Untuk setiap porsinya berkisar antara 15 – 50 ribu rupiah saja , cocok untuk segala kalangan terutama anak kuliahan ,,,he he he . Belum pernah nyoba ? coba saja sekarang karena makanan ini telah menjamur di setiap sudut kota anda .

4. Sate

gambar sate lezat
via kotakami.com

Ini merupakan makanan dengan jumlah maksiat paling tinggi . Kok bisa ? ya karena untuk mematangkan masakan ini harus dengan bara api yang asapnya mudah menjalar ke mana saja . Aroma yang dikeluarkan dari pembakaran ini membuat orang lain jadi ” terganggu ” . Walaupun begitu , masyarakat tidak menolaknya malahan jika di kasih justru berbalik senyum ,,, hehe

Ya sate merupakan potongan dadu daging sapi atau ayam yang dibakar di atas bara api dan dengan campuran bumbu yang meresap . Proses pematangannya melalui sebuah tusuk daging yang kemudian diputar di atas bara hingga matang . Setelahnya , dituangkan bumbu kacang plus kecap dan bawang goreng sebagai penghias dan penambah seleranya . Makanan ini juga bisa disajikan dengan nasi , ketan bakar atau hanya satenya saja ( bisa juga dengan tusuknya sekaligus ,,,heheh , canda atuh ) ..

Sama halnya dengan soto dan bakso , kita bisa menemukannya di berbagai sudut kota hingga kampung yang rada ramai pengunjung . ( di kuburan mah gak mungkin ) . Untuk setiap tusuknya di banderol antara 1 ribu hingga puluhan ribu rupiah .

 

5. Ketoprak

gambar ketoprak bandung
twitter.com

Ada beragam panggilan buat makanan yang satu ini namun intinya sama dari segi rasa dan komposisi . Ketoprak adalah makanan yang terbuat dari campuran sayuran matang , cabai , nasi dan irisan daging . Siang hari adalah waktu yang tepat untuk menyantap hidangan ini .

Pada jam istirahat , karyawan umumnya akan memburu makanan yang satu ini , selain rasanya yang enak , alasan lainnya adalah lebih ekonomis dan bergizi karena bahannya campuran sayur yang telah dimatangkan dengan bumbu kacang sebagai ” pelapisnya ” .

 

6. Gudeg

gambar gudeg jogja
via kuliner123.com

Makanan khas Yogyakarta ini masuk nominasi dalam makanan paling enak di Indonesia . Yogyakarta pun sering dikenal dengan nama kota gudeg karena asal muasal makanan ini berasal dari masakan orang tua dulu di jogja . Gudeg terbuat dari potongan nangka muda yang dicampurkan  dengan santan sebagai kaldunya dengan ragam kreasi yang dilakukan baik dengan menambahkan irisan daging sapi , ayam kampung hingga sayuran lain untuk menambah cita rasa kuliner nusantara .

Jalan malioboro dapat anda nikmati makanan yang satu ini disamping keindahan kota yogya yang sesungguhnya . Harganya pun sangat variatif , mulai dari puluhan hingga ratusan ribu untuk setiap porsinya . Penasaran ? sama atuh !!!.

 

7. Pempek Palembang

gambar pempek palembang
sukamasat.net

Di urutan terakhir dalam daftar makanan paling enak di Indonesia adalah pempek yang berasal dari Palembang . Makanan ini sudah sangat menjamur sehingga dapat kita temukan dengan mudah dan murah . Selengkapnya tentang pempek palembang . (red/dadan )

Iklan