10 Universitas terbaik dan terfavorit di kota Bandung ( part 1 )


Setelah kamu lulusan SMA / SMK / MA akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yaitu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ( kuliah ) , bekerja ke perusahaan , buka usaha ataupun menikah . Semuanya tergantung kemampuan dan keinginan .

Namun yang paling dominan bagi lulusan baru sekolah menengah memilih jalan kuliah untuk menimba ilmu di universitas . Bagi anda yang hendak melanjutkan ke universitas di Bandung maka ada rekomendasi universitas terbaik dan terfavorit di Bandung berdasarkan kualitas dan brand universitas tersebut .

Secara umum universitas favorit di Indonesia diadopsi oleh universitas-universitas negeri baik dalam bentuk badan hukum ataupun tidak . Namun sekarang , kriteria universitas terbaik bukan dari status negeri ataupun tidak . penilaian masyarakat saat ini berdasarkan kualitas dan mutu pendidikan baik dalam masa kuliah dan setelah lulus langsung diterima dengan cepat oleh perusahaan ataupun instansi pemerintahan .

Universitas di Bandung jumlahnya memang sangat banyak , namun dalam daftar kali ini saya hanya akan ulas yang terbaik dan terfavorit saja bagi mahasiswanya . Berikut ulasannya .

  1. Institut Teknologi Bandung ( ITB )
foto kampus itb

via itb.ac.id

Jelas donk dengan kampus yang satu ini , brand kampus itb sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia . Pendirian kampus ITB dimulai pada masa Hindia – Belanda namun secara resmi dirubah menjadi ITB pada 2 Maret 1959 .

Di ITB setidaknya ada 20 program studi yang sudah terakreditasi internasional termasuk 9 diantaranya terakreditasi oleh ABET . Untuk menempuh di kampus ini anda harus benar-benar bisa lolos mengikuti serangkaian tes psikotes yang super rumit , administrasi dan minat yang tinggi . Memang sangat sulit untuk masuk ke kampus ini, namun setelah masuk hingga lulus bukan anda yang mencari pekerjaan akan tetapi perusahaanlah yang mencari anda untuk bisa bergabung .

Lokasi ITB yang berada di pusat kota Bandung tepatnya di Jalan Ganesha No. 10 ini menjadikan kampus yang sangat strategis ditambah lagi akses transportasi yang memadai serta disuguhkan dengan udara khas kota kembang . Anda tertarik untuk kuliah di sini ??? Pastilah !!!..

2. Universitas Padjajaran ( UNPAD )

fakultas perikanan unpad

fakultas perikanan unpad via unpad.ac.id

Lokasi UNPAD dengan ITB sangatlah dekat ( tetanggaan ) , Universitas Padjajaran atau disingkat dengan UNPAD ini merupakan kampus top di Indonesia khususnya di Bandung .

Fakultas yang paling favorit di kampus ini adalah fakultas kedokteran dan psikologi , hampir semua kursi kemahasiswa di fakultas ini selalu pepak oleh para calon dokter dan calon psikolog .B

Berdasarkan webometrics UNPAD menempati posisi ke 10 dan 4icu menempatkan UNPAD pada posisi 12 di Indonesia . Untuk masalah gedung kampus terbagi menjadi dua kampus utama yaitu di Jatinangor dan Dipatiukur . Waktu saya bekerja di perusahaan farmasi sangat dekat dengan apoteker di perusahaan tersebut bahkan sudah akrab, dia adalah salah satu lulusan UNPAD untuk jurusan Farmasi . Kampus ini memiliki penerimaan sistem kemahasiswaan super ketat , para calon mahasiswa tentunya harus bisa lolos tes dengan aturan main yang tidak bisa dilakukan melalui diplomasi atau melalui pihak ke tiga . Ada serangkaian tes yang bisa anda lakukan seperti jalur undangan , ujian saringan masuk bersama , snmptn dan jalur seleksi lain .

Bagaimana , mau pilih juga yang ini ??.

3. Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI )

foto fakultas mipa kimia upi bandung

fakultas mipa upi

Sesuai namanya , UPI merupakan perguruan tinggi negeri berbadan hukum dan pencetak banyak tenaga pendidik di Indonesia . Jadi buat kamu yang ingin kuliah di UPI hanya satu yang diperlukan yaitu keseriusan belajar dan bercita-cita menjadi tenaga pendidik .

foto kampus upi

gerbang kampus upi

Ruang lingkup kampus ini tak jauh dari program pendidikan yang dicanangkan pemerintah , ada banyak fakultas keguruan yang bisa anda pilih sesuai minat dan kemampuan . Salah satu universitas negeri lainnya adalah Universitas Negeri Jakarta ( UNJ ) yang berada di Jakarta Timur . Kedua kampus ini memang paling merajai untuk urusan kependidikan .

Untuk masuk UPI bukanlah hal mudah , namanya juga kampus top pasti tingkat seleksi pun akan lebih ” parah ” jika dibandingkan dengan universitas lain .

Jurusan sastra Inggris menjadi fakultas yang paling tinggi peminatnya , selain karena bahasa inggris adalah bahasa dunia . Kepopuleran jurusan ini telah diakui oleh dunia , bahkan untuk tes toefl di UPI diakui sebagai tes paling sulit di universitas-universita di Indonesia .

Kamu lulusan UPI ??? boleh lah sharing di sini untuk teman-teman dan adik kita yang akan melanjutkan studinya di sini.

4. Universitas Komputer Indonesia ( UNIKOM )

foto kampus unikom bandung

kampus unikom

Buat anda yang memiliki minat tinggi terhadap teknologi saat ini maka saya sarankan masuk ke kampus ini . Selain sarana dan prasarana penunjang belajar yang memadai , alasan utamanya karena akreditasi kampus ini telah diakui dunia .

Berbagai acara kejuaraan seperti robotika banyak dimenangkan oleh mahasiswa UNIKOM . Walaupun kampus ini adalah PTS namun untuk masuk ke kampus ini harus punya mental baja dan punya otak super cerdas . Tes saat masuk ke kampus inipun sangat merumitkan para calon mahasiswa baru , namun jika sudah lulus banyak perusahaan teknologi ” demam ” untuk menerima anda dan dengan gaji yang fantastis .

Salah satu teman saya juga lulusan kampus ini ( tahun 2016 ini ) dan saudara saya pula adalah lulusan di sini pula . Selain jago bahasa inggris , dia juga sangat jago dalam teknologi komputer , namun sayang saudara saya telah meninggal dunia setelah lulus di kampus ini sekitar tahun 2007 an ( saat saya masih kelas 4 sd ) . Semoga amalnya di terima yah,,amiiin.

Di rumah saudara saya ada banyak buku dan arsip-arsip kuliah di UNIKOM , sesekali bisa saya manfaatkan bukunya untuk banyak belajar dan menggali ilmu seputar komputerisasi . ( walaupun pada saat lulusan SMA tahun 2012 ) saya dapat undangan masuk ke kampus ini , namun karena bentrok dengan biaya jadinya saya urungkan niatnya untuk masuk ke kampus favorit di Bandung ini .,,tetapi keep smile saja yah,,,hehehe

Iklan