8 Tips mencuci kebaya Payet biar tidak rusak ( gaun )


Indonesia memang sangat kaya dan kental dengan budaya setiap daerahnya mulai dari kuliner hingga baju tradisional kebaya .

mencuci kebaya peyet

ilustrasi

Pada acara-acara resmi seperti acara wisuda dan pernikahan untuk tampil cantik umumnya menggunakan kebaya sebagai andalannya ,selain karena fokus pada pemahaman tradisi , kebaya payet juga lebih fashionable kepada pemakainya baik muda , dewasa ataupun orang tua .

Namun tidak terlalu sering digunakan yaitu pada acara-acara formal saja , kebaya payet juga jangan lupa untuk selalu di tata rapi , dirawat dan dicuci agar tetap terja dan tetap bersih sempurna . Mungkin anda saat ini sedang mencari tutorialnya dalam mencuci kebaya jenis payet ini sehingga mampir di blog ini..heheh.

Untuk lebih jelasnya tentang maksud anda , maka ikuti tutorial ini siapa tahu menjadi solusinya.

Tips mencuci kebaya payet biar tidak rusak

1. Mencuci secara manual

Hal ini penting dilakukan , hindari pencucian menggunakan mesin pencuci karena dapat merusak kebaya payet anda , para ibu-ibu umumnya mencuci baju dengan mesin cuci langsung di satukan tak peduli jenis pakaian apapu n dengan cara mengadukannya . Yang penting cepat bersih , iya anggapan itu sesuatu yang lumrah namun beda halnya dengan baju kebaya anda karena kain yang digunakan sangat mudah rapuh hingga mudah pudar warnanya. Untuk itu gunakan cara manual saja yah , ya itung-itung olahraga sedikit atuh ,heheh

2. Rendam dalam deterjen dan jangan terlalu lama

Jangan merendam kebaya dalam jangka lama , hitungan jam bahkan hari . Hal ini akan berakibat pada rapuh dan pudarnya warna gaun anda . Dalam mencuci kebaya harus saat itu juga dilakukan , paling sekitar 5 menit saja maksimal merendam kebaya anda .

3. Jangan gunakan pembersih noda 

Saat ini ada banyak produk pembersih yang merupakan p terkenal dan mampu menjaga kualitas warnanya . Namun biar bagaimanapun sebaiknya beri perlakuan khusus pada gaun anda . Beberapa pembersih dapat merusak warna dan tektur kain kebaya yang digunakan.

4. Gunakan sikat halus

Jangan sesekali mencuci dengan sikat umum , alangkah baiknya jangan disikat dengan apapun , namun jika kotoran masih menempel bisa menggunakan sikat gigi halus sebagai solusinya . Hal ini guna menjaga kain agar tetap rapi dan tidak putus-putus akibat disikat.

5. Bilas menggunakan air bersih

Jangan sembarangan membilas ya , air bersih adalah air yang bagus untuk mencuci . Jika anda menggunakan air yang rada keruh sekalipun bisa jadi kotoran-kotorannya nyangkut pada serat kebaya dan itu susah dibersihkan tentunya.

6. Hindari penggunaan pelembut

Penggunaan pelembut dapat mengakibatkan serat kain menjadi mudah rusak , so jangan sampai anda menggunakan pelembut yah . Boleh-boleh saja menggunakan pelembut namun tak berlaku bagi kebaya kesayangan anda.

7. Keringkan di tempat teduh

Sinar matahari memancarkan cahaya dan radiasi berbahaya bagi kesehatan kulit kita , tak terkecuali dengan baju kita . Untuk itu keringkan kebaya peyet dalam udara teduh terbebas dari sinar matahari langsung karena akan merusakan baju anda terutama warna . Memang hal ini memakan waktu lama untuk kering , namun jika anda peduli dengan gaun kesayangan anda maka jangan lakukan kebiasaan menjemur dibawah sinar matahari.

8. Simpan kebaya anda di tempat khusus

Karena kebaya kainnya bersifat mudah rapuh , maka simpanlah dalam lemari dan jangan sampai di lipat . Gunakan gantungan baju saja kemudian gantungkan didalam rak lemari anda supaya ketika hendak memakainya anda tak khawatir lagi dengan kerapiannya. (red ).

Disarikan dari vemale.com

Iklan