7 Negara berpenduduk Muslim terbanyak di Dunia


Sebagai agama rahmatan lil alamin, islam menjadi agama yang penganutnya tersebar di belahan penjuru dunia.Hampir setiap negara ada muslimnya.
Pada artikel kali ini saya akan update dengan tema 7 Negara berpenduduk Muslim terbanyak di Dunia , bukan hanya itu,bisa jadi terbesar di dunia. Berikut daftar negara penganut terbesarnya :
1 .Indonesia
Patut kita  bangga dengan negara Indonesia, menjadi nomor wahid dengan jumlah muslimnya yang paling banyak saat ini.Sekitar 97 % muslimnya tapi tidak disebut sebagai negara islam , Indonesia terkenal dengan sifatnya yang toleran dan moderat. Bangunan masjid hampir tersebar luas di negara kita ini.
Pada tahun 30 hijriah atau setara dengan tahun 651 masehi ,hanya berselang 20 tahun setelah wafatnya baginda Nabi Muhammad SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke negara China untuk memperkenalkan daulah islamiah.Dalam perjalanan yang memakan empat tahun ini, utusan Khalifah Utsman pernah tinggal di bumi nusantara ini.Beberapa tahun kemudian,tepatnya pada 674 masehi Dinasti Umayyah terlah mendiriakan pangkalan dagang di barat Sumatera , inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia.
Abad demi abad para pelaut dan para pedagang muslim berdagang di bumi nusantara sambil dakwah kemudian mereka menikahi istri-istri dan mengislamkannya dan diberikan keturunan, saat itulah muslim di Indonesia berkembang dengan pesat sampai saat ini.
2. Pakistan
Pakistan merupakan negara yang terletak di bagian Asia Selatan,dengan jumlah penduduknya mencapai lebih dari 150 juta dengan mayoritasnya adalah islam makan Pakistan menjadi negara terbesar kedua penganut islam di dunia.
3. India
Islam menjadi agama terbesar kedua di India setelah agama Hindu, tetapi mereka sangat rukun dalam hal kehidupan bermasyarakat tanpa ada saling menghina satu sama lain. Sejak pengenalannya ke India , Agama islam telah menyumbang banyak terhadap negeri tersebut seperti keagamaan,falsafah,kebudayaan,kemanusiaan,politik,sejarah dan peradaban di negara tersebut.
4. Bangladesh
Sekitar 88 & dari jumlah penduduk negara bangladesh atau sekitar 130 juta adalah umat islam. Islam mulai datang sekitar abad ke-13 masehi terutama oleh para pedagang dari gujarat arab dan persia.
5. Turki
Saay ini negara turki akan menjadi negara yang maju, dilihat dari sisi ekonominya,politik,budaya dan kemasyarakatannya tidak terlepas dari islam, sehingga negara turki menduduki ke lima negara terbesar penganut islam.
6. Iran
Sama halnya dengan Negara Iran yang sampai saat ini hampir atau melebihi negara turki tentang kemajuan teknologinya,ekonomi dan politiknya sehingga negara-negara Barat melirik dua kali ke nagara ini, apapun keunggulannya tidak terlepas dari sistem islam yang baik.
7. Mesir
Diperingkat ke tujuh adalah negara Mesir, sampai saat ini mesir memiliki kebudayaan islam yang kuat dan sistem pendidikan yang tegas dan terintegrasi, salah satunya adalah universitas islam terkemuka di Dunia yaitu Universitas Al-azhar dengan melahirkan para cendikiawan,ilmuan dan para alim ulama yang hebat.Itulah kenapa negeri ini bisa menjadi pedoman pendidikan islam yang baik.
Itulah 7 Negara berpenduduk Muslim terbanyak di Dunia , semoga bermanfaat ya ,,,,
Iklan