Fakta menarik air mata yang harus tahu


Semua orang didunia ini pernah menangis bahkan ketika lahir ke alam dunia ini.Namun faktanya ternyata beberapa orang tidak mengetahui banyak tentang air mata ini.
Adapun fungsi utama air mata adalah menjaga mata agar tetap lembab serta tidak kering serta mencegah dari sakit mata , hal ini bukan hanya bagi manusia saja, berlaku juga bagi hewan.
Nah, di artikel kali ini admin akan share fakta menarik air mata yang tentunya harus anda ketahui guna menambah wawasan dan pengetahuan.
air mata
ilustrasi
1. Yang anda tahu mungkin air mata hanya itu saja dan tidak ada variasinya, tapi ternyata setidaknya ada tida jenis air mata yaitu air mata basal (membasahai dan melembabkan mata agar tetap sehat).Jenis yang kedua adalah air mata refleks (muncul karena terganggu beberapa hal seperti kena angin,debu dan polusi), yang ketiga adalah jenis air mata yang berkaitan dengan emosi (keluar ketika emosi seseorang berlebihan),pada penelitian tahun 1980 mengungkapkan jenis ini mengandung banyak protein jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
2. Komposisinya sama dengan air liur
Hal ini tentu pasti mengejutkan , dalam peneliatian mengungkapkan secara umum komposisi air mata kita sama dengan komposisi air liur kita.Di dalamnya mengandung protein,garam dan hormon.Begitu juga dengan air liur,namun uniknya air mata tidak mengandung bau dan rasa yang berbeda dengan air liur.
3. Wanita lebih sering menangis
Secara umum, wanita lebih sering menangis jika dibandingkan dengan pria , entah karena kebetulan atau memang beberapa faktor.Perbedaan kuantitas pria dan wanita juga bisa dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan, akan tetapi dari sisi biologis mengungkapkan bahwa kelenjar air wanita lebih besar jika dibandingkan pria.
4. Ingus mengalir ketika menangis
Hahaha…. ini sudah hukum alam kali ya, kebanyak seseorang menangis mengeluarkan ingus dari lubang hidungnya , sebenarnya ini wajar-wajar saja karena jumlah air mata yang keluar sangat banyak sehingga mengalir sebagian dari hidung. Kebanyak orang beranggapan bahwa yang keluar tersebut hanyalah ingus biasa tapi ternyata hanya air mata yang mengalir.
Ada juga orang yang setelah menangis merasakan pusing, hal itu memang benar adanya, dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwasannya bisa jadi akibat dari dehidrasi dalam tubuh sehingga tubuh kekurangan cairan.
5. Keluar air mata itu sehat
Dalam sebuah journal kesehatan, mengungkap bahwasannya menangis mengeluarkan air mata itu sehat karena bakteri dalam tubuh keluar melalui pembakaran yang terjadi dan dikeluarkan bersamaan dengan air mata.
Itulah fakta unik dan menarik tentang air mata yang harus kamu tahu,,,!!!!!
Iklan