10 SUNGAI TERBESAR DAN TERPANJANG DI DUNIA (part 2 habis)


Setelah sebelumnya kita bahas tentang 10 sungai terpanjang di dunia part 1, sekarang kita akan membahas part 2 nya, walaupun judulnya ada variasinya.

6. Sungai kuning – Cina -5464 km

sungai kuning

Secara keseluruhan,sungai kuning memiliki panjang sekitar 5464 km atau setara 3395 mil.Dalam urutan di dunia,sungai ini menduduki peringkat terpanjang  ke enam di dunia dan mengaliri sekitar 9  provinsi yang ada di cina dan bermuara di laut Bohai merupakan tempat lahir peradaban cina kuno yang merupakan peradaban paling makmur pada sejarah peradaban cina.

5. Sungai yenisei Mongolia – 5539 km

yenisei

Terletak di negara Mongolia dan memiliki panjang 5539 km serta merupakan pusat dari 3 sungai terbesar di siberia yang mengalir samudera arktik dengan kedalamannya mencapai 24 meter.

4. Sungai Mississippi- Amerika utara-6275 km/3902 mil.

mississippi

Sungai ini juga sangat terkanal dengan sistem Drainase terbesar di negara tersebut.Airnya melintasi sekitar 31  negara si sekitar Amerika serikat.sungai ini juga dijadikan tanda perpotongan antar negara seperti lowa,kentucky,tennesse dan lainnya.

3. Sungai YangtzeAsia-6300 km

yangtze

Di kenal juga dengan Chang Jiang  yang memiliki panjang sekitar 6300 km atau 3917 mil.Berada di dataran tinggi Qingthai -Tibet tepatnya disebelah timu laut  Cina Shanghai.BUkan hanya itu,sungai ini juga memilik debit air yang besar sehingga di manfaat untuk kebutuhan warga cina seperti sanitasi,transportasi,industri dan kegunaan lainnya.

2. Amazon – Amerika selatan-6400 km

amazone

Terletak di belahan benua Amerika bagian selamat dengan panjang sekitar 6400 km,lebar 1,6-10 km bahkan lebarnya bisa di tambah hingga 48 km.Besarnya dimensi dari sungai amazone ini tidak sedikit menyebutnya dengan sebutan Laut sungai.

1.Sungai Niil-6650 km/4132 mil

sungai niil

Di urutan pertama dari daftar 10 sungai terpanjang dan terbesar di dunia jatuh pada sungai niil. Sungai ini mengalir di bagian utara timur laut Afrika.Sungai Nill atau sering disebut dengan Sungai Internasional, mengapa demikian?

Karena sungai Nill mempunyai mata air yang di bagi oleh sebelas Negara diantaranya Ethopia, Sudan Selatan, Sudan, Mesir, Kongo, Kenya, Eritrea, Tanzania, Uganda, Burundi dan Rwanda.

Keberadaannya berguna bagi penduduk yang tinggi di sepanjang sungai Nill tersebut, mengapa karena keberadaan sungai nill ini dapat menghasilkan tanah yang sangat subur akibat adanya proses sedimentasi sungai

Iklan